:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Usulan perumusan strategi organisasi pada Departemen internal audit di CNOOC Ses, LtD dengan pendekatan total performance scorecard

Salomon, Lithrone Laricha; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor; Yadrifil, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Persaingan didunia industri minyak dan gas bumi semakin hari bertambah ketat, dimana perusahaan dituntut untuk dapat menghadapi adanya perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Melihat hal tersebut di atas, maka organisasi harus dapat meningkatkan kinerjanya dan menunjukkan kemampuannya untuk bisa bertahan dalam persaingan. Persaingan yang ketat ini juga mengharuskan organisasi terkait untuk memiliki inovasi dan karyawan yang tidak hanya mengikuti perkembangan, tetapi yang juga menjadi berkembang karena perubahan yang ada. Dalam upaya peningkatan kinerja yang ada dalam organisasi, maka harus terdapat keselarasan antara ambisi/tujuan organisasi dengan ambisi/tujuan setiap individu yang ada dalam organisasi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelaraskan ambisi/tujuan organisasi dengan ambisi/tujuan individu didalamnya dengan menggunakan pendekatan Total Performance Scorecard. Melalui pendekatan ini penyelarasan ambisi organisasi dengan ambisi individu dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama adalah perumusan Personal Balanced Scorecard. Pada tahap ini terjadi pertemuan ambisi antara manager dengan head of dari masing-masing section serta head of dari masing-masing section dengan seluruh staff dibawahnya. Tahap selanjutnya adalah penentuan Organizational Balanced Scorecard dan penurunannya kedalam scorecard masing-masing section.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penghubungan/pengkomunikasian antara Organizational Balanced Scorecard dengan Scorecard Section dan rencana kinerja individu didalamnya. Hubungan diantara ketiga hal tersebut dapat merupakan suatu rumusan strategi yang terintegrasi bagi perusahaan. Dikatakan terintegrasi karena dalam perumusannya melibatkan pihak departemen, section, serta seluruh karyawan yang berada didalamnya. Dimana hal ini dapat merupakan jaminan bahwa karyawan mengerti ambisi dari departemen dan section tempatnya bekerja dan mereka ikut terlibat dalam pelaksanaan strategi tersebut.

The competition in the oil and gas industry progressively increase to getting tighter day by day, where company claimed to face existence of change that happened around the environment. Because of that problems above, hence the organization have to improve their performance and show their ability to be able to ride out in this competition. This tight competition also oblige the related organization to have innovation and employees which not only keep abreast of, but become to expand or growth because of the changes happened. In order to increase the performances in the organization, there must be compatibility between organizational ambition with the personal ambition inside the organization.
The purpose of this research is to make a harmony between organization ambition with the personal ambition inside the organization by using the Total Performance Scorecard approach. Through this approach, harmonization between organizational ambition and individual ambition conducted through some phase. First phase is formulating Personal Balanced Scorecard. In this stage, there is an ambition meeting between the manager with the head of every section and with all the employees behind them. The next stage is formulating Organizational Balanced Scorecard and the derrivative to the scorecard every section.
The result that obtained of this research is alignment between Organizational Balanced Scorecard with Scorecard Section and the plan of each personal inside the organization. The relation among third that mentioned above can represent formula of integrated strategy for company. It said integrated because in formulating that strategy, it involves department, section, and all the employees inside the organization. So, it will guarantee that all the employees know the department, section, and their personal ambition in doing the strategy.

 File Digital: 1

Shelf
 T41040-Lithrone Laricha Salomon.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T41040
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 127 hlm.; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T41040 15-17-519968583 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20275274