:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi pengadaan untuk posisi leverage dan critical dalam usaha meningkatkan kinerja biaya proyek EPC (Studi kasus PT. X) = Procurement strategy for leverage and critical position to improve cost performance EPC project (Case study PT. X)

Heru Yandri; Yusuf Latief, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Proyek Engineering, Procurement, dan Construction (EPC) dilaksanakan dengan melibatkan banyak pihak dan memakai berbagai macam sumberdaya, dan juga menghadapi banyak masalah, masalah pengadaan menjadi penting karena resiko proyek EPC yang tinggi, persaingan antar perusahaan EPC dan porsi nilai pengadaan yang tinggi dalam pelaksanaan proyek. Proyek pengadaan sangat menentukan dalam keberhasilan kinerja biaya proyek karena rata-rata porsi pengadaan pada proyek EPC mencapai 70% dari nilai proyek.
Tujuan dari penelitian adalah untuk menentukan strategi proses pengadaan yang efektif pada posisi critical dan leverage untuk meningkatkan kinerja biaya proyek EPC. Penelitian untuk mengetahui strategi pengadaan dengan menggunakan teknik Delphi yang didapat dari wawancara dengan pakar project management dan metode AHP untuk analisa hasil kuesioner manajer proyek dan team inti proyek pada perusahaan PT X.

Engineering, procurement and construction proyect were involved with many participant and used to many kind of resources and too many problem, procurement problem to be important because EPC project hight risk, EPC company competition and value of high procurement portion in project execution. Procurement process very important to increase project cost performance because procurement portion average in EPC project almost seventy percent from project contract.
Goal of this research is to prepare effectiveness of procurement process strategy in critical and leverage position to increase cost performance EPC project. Research is to know procurement strategy with used Delphy method and AHP method to analize result of quesitioner from PT X.

 Metadata

No. Panggil : T40724
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 108 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T40724 15-22-04559899 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276005