:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Faktor faktor yang berhubungan dengan persepsi orang tua tentang nyeri kanker pada anak = Factors associated with parents perceptions on the cancer pain children

Dina Novenda Sari; Allenidekania, supervisor; Hanny Handiyani, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Nyeri bersifat subjektif dan tidak bisa disamaratakan antara individu yang satu dengan yang lain. Begitu juga dengan persepsii orang tua mengenai nyeri kanker pada anak. Rasa tidaknya mau yang dirasakan oleh anak penderita kanker dapat menimbulkan persepsi yang berbeda-beda pada masing-masing orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi orangtua tentang nyeri kanker pada anak. Penelitian ini dilakukan pada 26 orang tua yang memiliki anak penderita kanker dengan metode pengambilan sampel secara consecutive sampling. Penelitian ini menggunakan domain analitik asosiasi dengan pendekatan cross sectional. Hasil uji Fisher's exact menghasilkan bahwa dari keempat faktor yang mempengaruhi persepsi, yaitu perhatian selektif, pengalaman masa lalu, ciri stimulus dan kebutuhan individu, hanya faktor stimulus yang mempunyai hubungan bermakna (p=0,026, a=0,05).

Pain is subjective. It cannot be generalized individually, so also the parents perception about the cancer pain in children. The uncomfortable feeling felt by children with cancer can cause various perceptions from their parents. This study aims to identify the factors that affect parents’ perceptions about cancer pain in children. The Research was conducted on 26 parents who have children with cancer using consecutive sampling as the sampling method This study was using analytical design associations with cross-sectional approach. Based on Fisheris exact test result, there were four factors that affect parents’ perceptions, i.e. selective attention, past experience, stimulus characteristics and individual needs. The stimulus factor is the only factor that has significant association (p = 0,026, a = 0.05) with parents 'perceptions on cancer pain in children.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : TA5873
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 75 hlm. : 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5873 16-22-90841199 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276144