:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Faktor-faktor yang berhubungan dengan gangguan tidur pada Lansia yang dirawat di Gedung A RSUPN Dr Cipto Mangkusumo Jakarta = Factors related to sleep disturbance at elderly in Gedung A at the Cipto Mangunkusumo Hospital's in Jakarta City

Nila Fitri; Nurhayati; Nani Nurhaeni, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui faktor yang sangat berpengaruh terhadap gangguan tidur yang dialami lansia selama di rawat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif eksploratif. Sampel yang diambil adalah lansia berumur diatas 60 tahun sebauyak 42 orang (89,4%) yang dirawat di gedung A RSUPN CM.
Hasil penelitian ini menunjukkan 92,7 % lansia yang di rawat mengalami gangguan tidur. Faktor penyebab gangguan tidur yang berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas tidur lansia selama di rawat adalah keluhan nyeri yang dirasakan lansia. faktor-faktor yang mempengaruhi tidur seperti jenis kelamin, perubahaan situasi, kebisingan dan pencahayaan tetap dikeluhkan oleh beberapa responden namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap gangguan tidur lansia.
Rekomendasi dari penelitian ini adalah di Iakukan penelitian lebih mendalam tentang hubungan nyeri dengan gangguan tidur pada lansia.

This Research purpose to know factors that have an effect on to sleep disturbance that experienced elderly during experience treatment in hospital. Research Method that used is deskriptif-eksploratif. Population is elderly have an age above 60 years olds that taken care of in Gedung A RSUPN CM with sampel 42 people (89,4%).
Research result indicates that existed 92,7% elderly that take care of experience of sleep disturbance. Significant factor causes sleep disturbance at elderly during taken care of is bone pain sigh that felt elderly. Other factors, like: gender, the change of situation, noise and illumination are fixed griped by some responders nevertheless not have an effect on in signilicant to sleep disturbance elderly.
This recommendation from research is the need of conducted research more circumstantial about pain in bone relation with sleep disturbance at elderly.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : TA5779
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 60 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5779 16-22-42237124 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276167