:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Gambaran faktor-faktor yg berkontribusi pada perilaku kesehatan pemberian imunisasi polio di puskesmas kelurahan Warakas Jakarta Utara

Aisyiah; Hanny Handiyani, supervisor; Panjaitan, Ria Utami, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Kasus polio merupakan salah satu pennasalahan yang mendapatkan perhatian Iebih dari pemerintah. Pemerintah melaksanakan berbagai program atau cara untuk dapat menangulangi masalah tersebut. Mulai dari kampanye hingga pemberian imunisasi polio. Keberhasilan program tersebut tentunya dipengaruhi oleh perilaku ksehatan yang dimiliki oleh masyarakat. Perilaku kesehatan tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti tingkat pendidikan, jarak, tingkat pengetahuan, sikap ibu, sikap petugas kesehatan, pengaruh keluarga-kawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor- faktor yang berkontribusi pada perilaku kesehatan terkait pemanfaatan imunisasi polio. Penelitian ini dilakukan di wilayah cakupan imunisasi puskesmas kelurahan Warakas dengan jumlah responden 102 ibu yang mempunyai balita. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa 57,80% tingkat pendidikan berkontribusi pada perilaku kesehatan ibu untuk mengimunisasikan balitanya, di samping itu didapatkan hasil variabel jarak sebanyak 63,70%, variabel pengetahuan 58,80%, variabel sikap ibu 52%, variabel sikap petugas kesehazan 52%, dan variabel pengaruh keluarga-kawan 53,90% berkontribusi kepada perilaku kesehatan ibu unluk mengimunisasikan balitanya. Penelitian ini merekomendasikan kepada pemerinlah, masyarakat, dan khususnya keluarga untuk terus berkomitrnen dalam penanggulangan masalah polio yang nantinya akan berkontribusi terhadap perwujudan masyarakat sehat dan kepada penelitian berikutnya agar meneliti variabel perilaku lain yang terkait imunisasi polio seperti budaya, tingkat ekonomi, kepercayaan, dan keyakinan.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

No. Panggil : TA5612
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 59 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5612 16-19-768572072 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276329