Kemampuan menyelesaikan masalah dengan menggunakan koping yang tepat akanmempengaruhi mahasiswa baru dalam menghadapi proses belajar mengajar yang padaakhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan unlukmendapatkan gambaran tentang mekanisme koping yang digunakan oleh mahasiswabaru reguler 2006 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dalam menghadapistres tahun pertama kuliah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifsederhana dengan responden 69 orang mahasiswa reguler 2006. Pengumpulan datadilakukan dengan kuesioner untuk mengkaji stres, stresor, dan mekanisme koping. Datayang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mendapatkandisribusi frekuensi dan prosentase dari variabel yang diteliti. Hasil yang diperolehmenunjukkan bahwa 58% mahasiswa menggunakan koping konstruktif dan 42%menggunakan koping destruktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadipertimbangan bagi pembimbing akademik, khususnya pembimbing akademikmahasiswa baru agar dapat mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi sehinggaproses belajar mengajar tetap berjalan dengan Iancar. |