Kehidupan anak-anak yang tinggal di panti asuhan sangatlah berbeda dengan anak-anak pada umumnya yang tinggal bersama orang tua. Akan tetapi, hal tersebut tidaklahmembuat mereka menjadi tidak memiliki tanggung jawab untuk memenuhi tugasperkembangan mereka sebagai anak usia sekolah. Penelitian ini dilakukan untukmendapatkan gambaran sejauh mana pemenuhan tugas perkembangan anak usia sekolah di panti asuhan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi sederhana dengan total sampel 40 orang yaitu anak panti asuhan yang berusia sekolah. Data yang telah dikumpulkan dianalisa secara deskriptif statistik. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dibuat sendiri oleh peneliti dan terlebih dahulu telah diuji coba. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan distibusi frekuensi diperoleh hasil bahwa sebanyak 23 anak panti asuhan (57,5%) telah berhasil memenuhi tugas perkembangan dan sebanyak 17 anak panti asuhan (42,2%) belum dapat memenuhi tugas perkembangan. Untuk penelitian mendatang diharapkan dapat menggunakan metode analisa data dengan disain yang lain dan jumlah sampel yang lebih merepresentasikan populasi. Peneliti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penelitian ini. |