Seperti diketahui bahwa keberadaan keluarga merupakan dukungan yang sangat berartibagi setiap individu, termasuk dalam hal pencapaian prestasi belajar. Tujuan daripenelitian ini adalah mengotahui adanya hubungan antara keberadaan keluarga denganprestasi belajar mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 di Fakultas IlmuKeperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI). Responden pada penelitian ini berjurnlah133 orang yang terdiri dari 65 mahasiswa Program Ekstensi Pagi dan 68 mahasiswaProgram Ekstensi sore. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasidengan alat ukur kuisioner dan daftar nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selamasemester I dan II dari mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 FIK UI. Analisis datayang digunakan adalah distribusi frekuensi dan Chi-square unruk menganalisishubungan antara variabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yangbormakna antara keberadaan keluarga dan prestasi belajar mahasiswa Program Ekstensiangkatan 2004 FIK-UI (0,01 agar setiap individu sebagai anggota keluarga dan keluarga pada umumnya Iebih mengoptimalkan pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sebagai wujud dukungan positifbagi perkembangan setiap anggota keluarganya. |