Hubungan perilaku caring yang dilakukan perawat dengan tingkat kepuasan klien di ruang rawat inap Siloam Hospital Lippo Karawaci.
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008)
|
Perilaku caring perawat yang merupakan inti dari keperawatan mempunyai tujuanmemahami sikap dan kebutuhan serta keinginan klien. Hal ini sangat berhubunganerat dengan tingkat kepuasan klien. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptifkorelasi untuk mengidentifikasi adanya hubungan antara perilaku caring yangdilakukan perawat dengan tingkat kepuasan klien. Sampel dari penelitian ini sebanyak105 orang diambil di ruang rawat inap Siloam Hospital Lippo Karawaci. lnstrumenpenelitian menggunakan kuesioner yang dimodifikasi dari The Measuring of NurseCaring Behavior (MNCB) sebanyak 50 item pemyataan. Data diolah menggunakandistribusi frekuensi dan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaperawat yang melakukan caring (53,3%) cenderung seimbang dengan perawat yangtidak caring (46,7%). Sedangkan untuk tingkat kepuasan didapatkan 86,7% klienmemsa puas dan 13,3% tidak merasa puas. Hasil penelitian juga menunjukkan adanyahubungan yang bermakna antara perilaku caring yang dilakukan perawat dengantingkat kepuasan klien. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengukuran nilai P value(0,00) < 0,05. |
![]()
|
No. Panggil : | TA5613 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | ii, 54 hlm + Lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA5613 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276625 |