:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hubungan posisi semi fowler pada klien Pneumonia dengan lama hari rawat di Pav. Kartika RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Fatmawati

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang hubungan pemberian posisi semi fowler pada klien pneumonia dengan lama hari rawat di ruang rawat inap Pav. Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Fatmawati. Variabel dari penelitian ini yaitu variabel bebas: posisi semi fowler, variabel terikat: lama hari rawat. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian kuasi eksperimen dengan menunjukkan hubungan pemberian posisi yang di mobilisasi terhadap lama hari rawat klien pneumonia. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 80 sampel. Hasil analisis hubungan antara posisi semi fowler dengan lama hari rawat dipeoleh hasil : bahwa sebanyak 25 orang melakukan posisi semi fowler dan dirawat selama < 8 hari, kemudian sebanyak 28 orang tidak melakukan posisi semi fowler mengalami hari rawat > 8 hari. Hasil uji statistik diperoleh P Value sebesar 0,001, maka dapat disimpulkan dengan tingkat kepercayaan 95 % bahwa ada hubungan posisi semi fowler pada klien pneumonia dengan lama hari rawat.
Saran peneliti : Dalam melakukan penelitian penting untuk menjadi pertimbangan bahwa populasi yang ada di tempat tersebut kira-kira telah memenuhi jumlah sampel yang ada sehingga karakteristik responden yang didapat sesuai. Diperlukan waktu yang lebih lama dalam pengumpulan data karena responden adalah klien yang dirawat di rumah sakit. Hasil penelitian ini dapat digunakan lebih lanjut dengan variabel lain yang dapat ditambahkan.

 File Digital: 1

Shelf
 TK-Yessy Puspasary.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA5357
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 31 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5357 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276662