:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hubungan tingkat pengetahuan tentang perubahan pada pubertas dan tingkat kecemasan menghadapi pubertas pada remaja putri di SMP Negeri 5 Jakarta = Correlation between level of knowledge about puberty and level of anxiety to face puberty in adolescent in SMP Negeri 5 Jakarta

Anna Sri Mariana; Dhea Nathasia; Dian Fitria; Allenidekania, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Pubertas merupakan suatu perubahan yang normal terjadi pada remaja putri. Perubahan yang terjadi meliputi aspek fisik, psikososial, emosional dan seksual. Perubahan dapat menjadi stressor yang dapat mencetuskan kecemasan bila tidak dipersiapkan dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang perubahan pada pubertas dari tingkat kecemasan menghadapi pubertas pada remaja putri. Penelitian ini dilalcukan pada 85 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi penelitian dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Penelitian ini menggunakan desain deksriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus Chi-Square dengan α=0.05 CI=95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang perubahan pada pubertas dan tingkat kecemasan menghadapi pubertas pada remaja putri (p=0.044 ; α=0.05). Penelitian ini merekomendasikan perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut dengan pengklasifikasian responden yang lebih spesifik menjadi pre-puberty, early puberty, dan post-puberty untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan tiap fase tersebut.

Puberty is a change transition period from childhood to become adolescent and this is normally happened. Changes in this period involve physical, psychosocial, emotional, and sexual aspect. This change will become a stressor that can trigger a anxiety, if not well prepared.
This research had purpose to analyze the relation between level of knowledge about puberty and level of anxiety to face puberty in adolescent. Amount of respondents are 85 students base on inclusion characteristics with a random sampling method. Questionnaire was used as a instrument to measure knowledge level and anxiety level. This research used descriptive correlative design, and cross sectional approximation method. The processing of data used chi-square with α=0.05 and CI =95%.
The result from this research is any Correlation between level of knowledge about puberty and anxiety level to face puberty in adolescent. This research recommend to give specific classification respondent to become pre-puberty, early puberty, and post puberty to know the differences anxiety level for each phase.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : TA5932
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 70 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5932 16-22-20584272 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276760