Perawat merupakan tenaga terbesar di rumah sakit yang memberikan pelayanankeperawatan selama 24 jam kepada pasien dan keluarga. Kepuasan kerja perawat dapatmempengaruhi pelayanan keperawatan yang diberikan. Peneliti tertarik untukmelakukan penelitian kepuasan kerja perawat di RS. Mitra Keluarga Kelapa Gading,untuk mengetahui gambaran kepuasan kenja perawat dan karakteristik perawat.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sederhana dengan alat ukur kuesioner.Porter (1961) menyatakan bahwa kepuasan seseorang terhadap pekeljaanya tergantungdari perbedaan atau ketidaksesuaian antar apa yang diinginkan dengan apa yangdiperoleh. Penelitian ini mendapatl-can kepuasan kerja perawat dimana lebih dari separuhperawat merasa puas yaitu sebesar 72,2 %. Perawat yang tidak puas sebesar 27,8 %.Ketidakpuasan terjadi karena sistim penghargaan dan peningkatan jenjang karir yangbelum memenuhi harapan perawat. Oleh sebab itu rumah sakit hendaknya menentukansistim dan rnekanisme yang tepat dan konsisten pada semua perawat, sehingga kepuasankerja perawat dapat dicapai. |