Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 65 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5834 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276842
 Abstrak
Komunikasi terapeutik dilakukan untuk menciptakan hubungan yang terapeutik antara perawat dan klien sehingga meningkatkan pelayanan asuhan keperawatan di rumah sakit. Komplain terhadap pelayanan secara umum RSUP Fatmawati yang didapatkan melalui sms center selama 3 bulan terakhir dari awal tahun 2009, terkait masalah komunikasi perawat sekitar 11% dan 4% berasal dari keluarga pasien HCU. Fenomena tersebut mendasari penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perbedaan persepsi perawat dan keluarga tentang penerapan komunikasi terapeutik perawat dalam menurunkan kecemasan keluarga pasien di ruang HCU RSUP Fatmawati Jakarta tahun 2009. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif, jumlah sampel 28 responden, yang terdiri dari 16 responden perawat dan 12 responden keluarga pasien di ruang HCU RSUP Fatmawati Jakarta, pengambilan sampel dengan tehnik purposive sampling, instrumen yang digunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan Ho gagal ditolak artinya tidak ada perbedaan persepsi antara perawat dan keluarga pasien tentang penerapan komunikasi terapeutik. Persepsi secara umum adalah komunikasi terapeutik sudah baik namun perlu ditingkatkan karena masih ada yang kurang baik. Disarankan bagi perawat ruang HCU RSUP Fatmawati Jakarta untuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi terapeutik kepada klien khususnya kepada keluarga pasien termasuk dalam menurunkan kecemasan.