Penerapan komunikasi teraupetik perawat dalam menurunkan kecemasan keluarga pasien ditinjau dari persepsi perawat dan keluarga di ruang HCU RSUP Fatmawati Jakarta tahun 2009
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009)
|
Komunikasi terapeutik dilakukan untuk menciptakan hubungan yang terapeutikantara perawat dan klien sehingga meningkatkan pelayanan asuhan keperawatandi rumah sakit. Komplain terhadap pelayanan secara umum RSUP Fatmawatiyang didapatkan melalui sms center selama 3 bulan terakhir dari awal tahun 2009,terkait masalah komunikasi perawat sekitar 11% dan 4% berasal dari keluargapasien HCU. Fenomena tersebut mendasari penelitian ini. Tujuan penelitian iniadalah mengidentifikasi perbedaan persepsi perawat dan keluarga tentangpenerapan komunikasi terapeutik perawat dalam menurunkan kecemasan keluargapasien di ruang HCU RSUP Fatmawati Jakarta tahun 2009. Desain penelitianyang digunakan adalah deskriptif komparatif, jumlah sampel 28 responden, yangterdiri dari 16 responden perawat dan 12 responden keluarga pasien di ruang HCURSUP Fatmawati Jakarta, pengambilan sampel dengan tehnik purposive sampling,instrumen yang digunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan Ho gagalditolak artinya tidak ada perbedaan persepsi antara perawat dan keluarga pasiententang penerapan komunikasi terapeutik. Persepsi secara umum adalahkomunikasi terapeutik sudah baik namun perlu ditingkatkan karena masih adayang kurang baik. Disarankan bagi perawat ruang HCU RSUP Fatmawati Jakartauntuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi terapeutik kepada klienkhususnya kepada keluarga pasien termasuk dalam menurunkan kecemasan. |
![]()
|
No. Panggil : | TA5834 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xi, 65 hlm. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA5834 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276842 |