Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara informasi anfaat ASIEksklusif dengan motivasi ibu menyusui dalam memberikan ASI Eksklusif. Untukmendapatkan responden yang sesuai, peneliti mengambil 30 responden di RSAL. Dr.Mintohardjo dengan kriteria ibu menyusui yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan dandapat membaca serta menulis. Sampling yang digunakan adalah purposive sampling,dengan istrumennya berupa angket. Setelah data terkumpul, kemudian diolah denganmenggunakan uji statistik Pearson Product Moment dan uji kemaknaan dengan t -test,yang hasilnya adalah hubungan antara informasi manfaat ASI Eksklusif denganmotivasi ibu menyusui dalam memberikan ASI Eksklusif mempunyai korelasinegatif dengan kategori sangat rendah (r = - 0,095) dengan nilai kemaknaan (t)sebesar - 0,505 yang berati tidak didapatkan angka yang significant setelah dirujukdengan table distribusi t. Kategori yang sangat rendah pada nilai r diatas mungkindisebabkan oleh jumlah sampel yang relatif kurang, dan instrumen yang digunakantidak reliabilitas dan validitas karena tidak melalui uji coba. Walaupun mempunyaihubungan yang sangat rendah peneliti meyakini ada hubungan antara informasi dengan motivasi asalkan informasi yang disampaikan efektif dan jelas. Untuk ituperlu penelitian lanjut tentang hal ini dengan menggunakan desain Quasieksperiment. |