:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh keterlibatan lansia dalam aktivitas keluarga dalam meningkatkan harga diri lansia di RW 06 Kelurahan Rawa Bunga Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur

Sari Sudarmiati; Murtiwi, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena lansia yang tinggal bersama keluarga dimana terjadi perubahan-perubahan fisik maupun psikologis ternyata tetap memerlukan aktititas dalam keluarga untuk mempertahankan kepuasan hidup dan meningkatkan harga diri pada lansia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan lansia dalam aktifitas keluarga dalam meningkatkan harga diri Iansia. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi dengan responden adalah lansia yang tinggal bersama keluarga dengan kriteria tertentu, sebanyak 30 responden. Penelitian ini diawali dengan penybaran angket (alat pengumpul data ) berupa daftar pertanyaan yang dibuat sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori aktifitas, harga diri, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Dari hasil analisa data didapatkan hasil bahwa keterlibatan lansia dalam aktifitas keluarga di RW O6 Kelurahan Rawa Bunga adalah berpengaruh terhadap kehidupan lansia (100% dari 30 responden) 30 orang responder menyatakan memiliki harga diri positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterlibatan lansia dalam aktifitas keluarga berpengaruh terhadap harga diri Iansia. Faktor yang mempengaruhi keterlibatan lansia dalam aktifitas keluarga adalah 2 peran serta keluarga dalam mengikut sertakan Iansia dalam aktifitas keluarga, manfaat yang dirasakan oleh lansia dari aktifitas tersebut, dan kepercayaan yang dianut oleh lansia atau keluarga tentang kemampuan lansia. Hasil penelitian perlu dikaji ulang dengan melakukan penelitian ulang dengan desain yang berbeda, jumlah sampel yang representatif, mewakili seluruh populasi sehingga hasil dapat digeneralisir.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : TA5048
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 32 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5048 16-22-77788599 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276882