:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh terapi aktivitas kelompok : sosialisasi terhadap kemampuan berinteraksi pada klien depresi.

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Klien dengan Depresi menunjukkan gejala menolak berhubungan dengan orang lain, memisahkan diri, komunikasi kurang dan cenderung untuk tidak melakukan kegiatan sehari-hari sehingga perawatan dirinya kurang.
TAK : Sosialisasi merupakan suatu bentuk terapi modalitas yang bertujuan untuk menstimulasi klien dengan Depresi agar dapat berinteraksi dengan orang lain. Dengan melakukan TAK : Sosialisasi secara benar, peneliti mampu mengidentitikasi pengaruhnya terhadap klien yaitu meningkatkan kemampuan berinteraksi yang cukup bermakna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan Pre and Post Test Two Group Design. Pengujian hipotesa menggunakan Uji Beda Dua Mean lndependen. Hasil pengujian diperoleh nilai T = 2,08. Dengan derajat kemaknaan 5 % didapatkan nilai P value < 0,05. Dari pengujian tersebut menunjukkan adanya perubahan rata-rata kemampuan berinteraksi pada kelompok eksperimen setelah TAK : -Sosialisasi yang dilalukan sebanyak 4 ( empat ) kali sehingga Ho ditolak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah TAK : Sosialisasi yang dilakukan secara benar dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi pada klien Depresi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian tentang efektifitas TAK Sosialisasi.

 File Digital: 1

Shelf
 TK-Heru Pranoto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA5111
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 44 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5111 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276975