:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai model keperawatan sekolah terhadap motivasi siswa SDN Baru 01 Pagi Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur dalam menjaga perilaku sehat

Citra Rahmawati; Debie Dahlia, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan siswanya melalui peningkatan motivasi siswa dalam menjaga perilaku sehat. Saat ini hampir 85% SD di Jakarta memiliki UKS. Program UKS yang dijalankan dengan baik dan dengan kerjasama yang baik antara tenaga kesehatan, praktisi sekolah, dan siswa dapat meningkatkan internalisasi nilai-nilai dalam program UKS pada diri siswa yang kemudian akan berpengaruh terhadap perilaku sehatnya.
Peneliti tertarik untuk mengetahui seberapa besar pengaruh UKS di SDN Baru 01 Pagi dalam memotivasi siswanya untuk menjaga perilaku sehat. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif sederhana dngan jumlah sampel 40 orang siswa kelas V-VI di SDN Baru 01 Pagi yang diambil dengan Cara random sampling. Kuesioner berbentuk skala likert dengan 100% responden menunjukkan internalisasi program UKS dan motivasi yang baik dalam menjaga perilaku sehat.
Hasil analisa dengan uji Spearman rank menunjukkan adanya hubungan yang kuat sekali (rs = O,759) antara internalisasi program UKS dengan tingkat motivasi siswa untuk menjaga perilaku sehat.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : TA4999
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vi, 37 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA4999 16-22-73290026 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276998