Full Description

Record of Work Tugas Akhir
Cataloguing Source
Content Type
Media Type
Carrier Type
Physical Description iv, 36 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 1
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
TA5177 TERSEDIA
No review available for this collection: 20277109
 Abstract
Persepsi adalah kemampuan untuk membedakan, mengelompokan, memfokuskan objek peristiwa berdasarkan informasi yg didapatkan melalui panca indra sampai rangsangan itu disadari dan di mengerti yang bersifat personal dan internal. Perbedaan persepsi dapat disebabkan oleh hal-hal seperti adanya perhatian, harapan seseorang akan rangsangan yang akan timbul, kebutuhan seseorang, sistem nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat, ciri kepribadian serta adanya suatu gangguan kejiwaan. Hal inilah yang ingin peneliti ketahui dengan judul Persepsi Ibu hamil trismester I terhadap pelayanan kesehatan maternal di ruang ?Ante Natal?. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi sederhana yang bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana persepsi ibu hamil trismester I terhadap pelayanan kesehatan maternal di ruang ?Ante Natal?. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada 20 responden yang telah sesuai dengan kriteria penelitian Data yang didapatkan dianalisa dan diperoleh hasil sebagai berikut : ibu yang berkunjung ke ruang Ante Natal adalah ibu yang bekerja dengan tingkat pendidikan Akademi/Perguruan Tinggi, berumur antara 20 - 35 tahun, ibu dengan kehamilan yang kedua dan hampir semua responden memiliki persepsi yang positif terhadap pelayanan kesehatan maternal. Hal inilah yang harus dipertahankan dan harus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan cara meningkatkan ketanggapan petugas memenuhi kebutuhan pasien, kelancaran komunikasi petugas kepada pasien, keprihatinan serta keramah tamahan petugas dalam melayani pasien dan atau kesembuhan penyakit yang sedang dialami oleh pasien, memberikan pelayanan yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan tehnologi mutahir sehingga perlu adanya penelitian lanjutan mengenai persepsi ibu hamil terhadap pelayanan kesehatan maternal dengan menggunakan desain penelitian dan instrumen yang lebih baik guna memperbaiki pelayanan kesehatan yang akan datang.