Persepsi adalah kemampuan untuk membedakan, mengelompokan, memfokuskan objekperistiwa berdasarkan informasi yg didapatkan melalui panca indra sampai rangsangan itudisadari dan di mengerti yang bersifat personal dan internal. Perbedaan persepsi dapatdisebabkan oleh hal-hal seperti adanya perhatian, harapan seseorang akan rangsangan yangakan timbul, kebutuhan seseorang, sistem nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat, cirikepribadian serta adanya suatu gangguan kejiwaan. Hal inilah yang ingin peneliti ketahuidengan judul Persepsi Ibu hamil trismester I terhadap pelayanan kesehatan maternal diruang “Ante Natal”.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi sederhana yang bertujuanuntuk mengidentifikasi bagaimana persepsi ibu hamil trismester I terhadap pelayanankesehatan maternal di ruang “Ante Natal”.Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada 20 responden yang telahsesuai dengan kriteria penelitian Data yang didapatkan dianalisa dan diperoleh hasilsebagai berikut : ibu yang berkunjung ke ruang Ante Natal adalah ibu yang bekerja dengantingkat pendidikan Akademi/Perguruan Tinggi, berumur antara 20 - 35 tahun, ibu dengankehamilan yang kedua dan hampir semua responden memiliki persepsi yang positifterhadap pelayanan kesehatan maternal. Hal inilah yang harus dipertahankan dan harusmeningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan cara meningkatkan ketanggapan petugasmemenuhi kebutuhan pasien, kelancaran komunikasi petugas kepada pasien, keprihatinanserta keramah tamahan petugas dalam melayani pasien dan atau kesembuhan penyakit yangsedang dialami oleh pasien, memberikan pelayanan yang sesuai dengan perkembanganilmu dan tehnologi mutahir sehingga perlu adanya penelitian lanjutan mengenai persepsiibu hamil terhadap pelayanan kesehatan maternal dengan menggunakan desain penelitiandan instrumen yang lebih baik guna memperbaiki pelayanan kesehatan yang akan datang. |