Persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik perawat di Rumah Sakit Karya Medika, Tambun Bekasi
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006)
|
Sentosa pada seminar PPNI di RSU Kardinah menyebutkan bahwa salah satupermasalahan terhadap pelayanan kesehatan adalah komunikasi yang kurang baik antaratenaga kesehatan dan pasien (Suara Merdeka, 2001). Dalam hasil survei di RSUPSanglah Bali, didapat data bahwa keluhan yang sering disampaikan oleh klien adalahperawat yang judes, sering cemberut, kurang komunikasi, dan sangat tidak ramah (BaliPost, 2001)- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapankomunikasi terapeutik perawat dan bagaimana persepsi pasien terhadap komunikasiperawat. Penelitian ini dilakukan di RS Karya Medika Tambun, Bekasi, dengan jumlahresponden sebanyak 28 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptifsederhana, dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner. Analisa data yangdigunakan adalah analisa univariat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 68%perawat menerapkan komunikasi terapeutiknya dengan baik, 32% perawat kurangmenerapkan komunikasi terapeutiknya, dan tidak ada perawat yang tidak menerapkankomunikasi terapeutik. Penelitian ini merekomendasikan agar penerapan komunikasiterapeutik lebih ditingkatkan. |
TA-Nur Raeva Octavia.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | TA5485 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | viii, 41 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA5485 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20277168 |