:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Persepsi siswa SMU tentang pentingnya UKS sebagai sarana pelayanan keperawatan di sekolah

Ira Suwartika; Daulima, Novy Helena Catharina, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Siswa SMU yang berada pada tahap tumbuh kembang remaja tengah, memiliki ketergantungan tinggi terhadap lingkungan atau kelompok sekitarnya sehingga sangat diperlukan suatu wadah yang dapat mengiringi tumbuh dan kembangnya itu sehingga tetap berada dalam perilaku hidup yang sehat. Di sekolah, pelayanan kesehatan diperoleh melalui UKS sebagai pemberi pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan, dan menciptakan lingkungan hidup yang sehat. Pendayagunaan UKS ini sangat dipengaruhi oleh bagaimana persepsi siswa sendiri tentang pentingnya UKS tersebut sebagai sarana pelayanan keperawatan di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa SMU tentang pentingnya UKS sebagai sarana pelayanan keperawatan di sekolah. Sampel yang dipakai adalah siswa SMU di SMU 30 Rawa Sari Jakarta Pusat dengan jumlah 30 sampel dan dilakukan dengan metode acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk data demografi dan data tentang persepsi siswa SMU tentang pentingnya UKS sebagai sarana pela anan keperawatan di sekolah.
Desain yang digunakan adalah cross sectional karena dilakukan pada suatu kurun waktu terhadap satu variabel. Setelah diuji dengan menggunakan mean, didapatkan basil sebanyak 17% responden memiliki persepsi positif tentang pentingnya UK sebagai sarana pelayanan keperawatan sekolah.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : TA4963
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 31 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA4963 16-22-78691823 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20277200