:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Tingkat kepuasan pelanggan internal: Dokter terhadap pelayanan perawatan di ICU Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta Tahun 2005

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Kepuasan pelanggan (costumer satisfaction) dalam menerima pelayanan perawatan di suatu rumah sakit merupakan hasil akhir yang harus dicapai. Dengan kepuasan tersebut dapat merangsang terhadap daya jual produk dalam hal ini pelayanan perawatan sehingga berdampak meningkatkan pendapatan rumah sakit. Sebaliknya ketidakpuasan pelanggan akan menimbulkan adanya keluhan, tuntutan klaim dan lain-lain.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang tingkat kepuasan pelanggan (costumer satisfaction), khususnya pelanggan internal (internal costumer) dalam hal ini dokter terhadap pelayanan perawatan ICU yang dilakukan di Rumah Sakit Pertamina Pusat Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana. Analisa data pada penelitian ini dilakukan dengan melihat tingkat kepuasan responden terhadap pelayanan perawatan ICU berdasarkan nilai dari tiap-tiap pertanyaan. Jumlah sampel yang terlibat 30 responden. Hasil penelitian menunjukan 80%, yaitu sebanyak 24 orang menyatakan puas terhadap pelayanan perawatan di ICU. Karakteristik responden sangat mempengaruhi hasil penelitian, dikarenakan responden tidak hanya melihat dari sudut pandang subyektifitas tetapi juga mempertimbangkan obyektititas. Rekomendasi yang disampaikan kepada pihak Rumah Sakit agar survey kepuasan pelanggan baik internal maupun eksternal dilaksanakan secara periodic, sehingga berbagai masukan dapat diakomodasi untuk Iebih meningkatkan kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

 File Digital: 1

Shelf
 Achirman.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA5458
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vi, 33 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5458 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20277286