:: UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Dinamika perubahan hak penguasaan atas tanah adat dan akibatnya terhadap peranan desa : studi kasus di desa adat Tenganan Pringsingan, Bali

I Ketut Oka Setiawan; Tapi Omas Ihromi, promotor; Kriekhoff, Valerine Jaqueline Leanore, co-promotor; Jufrina Rizal, co-promotor; Koesnadi Hardjasoemantri, examiner; Bagir Manan, examiner; Radjagukguk, Erman, examiner; I Nyoman Sirtha, examiner ([Publisher not identified] , 2002)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bersifat kualitatif yang dilakukan di Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Kecamatan Manggis Daerah Tingkat II Kabupaten Karangasem, Bali. Pemilihan ini dida­sarkan atas pertimbangan bahwa di daerah ini, desa masih memegang peranan dalam mengatur hak penguasaan atas tanah adat, tetapi dengan berlakunya HTN tanah adat telah ada berubah menjadi tanah pribadi. Masalah yang dikaji adalah perubahan hak penguasaan atas tanah adat yang berakibat terhadap peranan desa.
Temuan lapangan menunjukkan bahwa tidak ada bidang tanah di wilayah desa ini dimiliki oleh warganya sebagai tanah milik pribadi yang dapat diperhunakan secara bebas oleh yang bersangkutan. Mereka menempatkan kepemilikan semua bidang tanah di wilayah itu menjadi milik desa, dengan sebutan tanah milik desa atau Tanah Adat. Wilayah ini dikua­sai dan diatur oleh desa dengan hak ulayat (prabumian desa). Bidang-bidang Tanah Adat yang berada di atas prabumian desa itu diberi nama dan dapat dimanfaatkan oleh warganya secara pribadi dengan Hak Milik Individu Terikat (HMIT), secara kelompok dan secara kelembagaan(desa atau pura) dengan Hak Milik Komunal (HMK).

 File Digital: 1

Shelf
 D1097-Dinamika perubahan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : D1097
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xx, 397 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D1097 07-18-985769597 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20277371