:: UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Fungsi hukum dalam penegakan hak masyarakat: suatu studi mengenai pelaksanaan hukum dalam sengketa pemanfaatan lahan di Gili Trawangan

Anang Husni; Tapi Omas Ihromi, promotor; Satjipto Rahardjo, co-promotor; Jufrina Rizal, co-promotor; Koesnadi Hardjasoemantri, examiner; Radjagukguk, Erman, examiner; Kriekhoff, Valerine Jaqueline Leanore, examiner; Harkristuti Harkrisnowo, examiner; Soetandyo Wignjosoebroto, examiner (Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

ABSTRAK
Permasalahan utama yang hendak ditelaah dalam penelitian ini adalah fungsionalisasi hukum dalam kaitannya dengan penegakan hak masyarakat atas pemanfaatan lahan. Telah diungkapkan, bahwa hak warga masyarakat di Gili Trawangan atas pemanfaatan lahan memperoleh tekanan dari pengusaha pengembangan dan aparat birokrat. Mereka tidak leluasa memanfaatkan lahannya, terutama dalam usaha kepariwisataan. Bahkan mereka telah dipaksa oleh pemerintah daerah menyerahkan haknya, yang kemudian hak pemanfaatan lahan itu diserahkan oleh pemerintah daerah tingkat I Nusa Tenggara Barat kepada pengusaha.
Permasalahan hukum dalam pemanfaatan lahan berkisar pada keadilan, kepastian dan kemakmuran yang harus ditegakkan berkenaan dengan hak masyarakat atas tanah. Hal ini didekati tidak hanya secara positivistik dan normatif, melainkan juga pada sisi kemanfaatan hukum dalam mewujudkan kemakmuran. Penelitian ini berusaha menjelaskan sebagian kecil dari kerangka teori fungsional-imperatif yang sangat abstrak dan luas itu. Hal itu mengenai aksi sosial (integratif), dan makna fungsi hukum dalam mekanisme integratif.

 File Digital: 1

Shelf
 D1032-Fungsi hukum.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : D1032
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vii, 344 pages : illustration ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D1032 07-18-592007911 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20278614