:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Prinsip hamburan sinar beta untuk mendeteksi konsentrasi debu Particulate Matter 10 (PM10) pada alat BAM1020

Budi Kustanto; Santoso Sukirno, supervisor; Silva, B.E.F. da, examiner; Prawito, examiner; Muhammad Hikam, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Ketika electron berenergi besar dipancarkan dari peluruhan radioaktif 14C (Carbon-14) yang berinteraksi dengan materi-materi di sekitarnya, mereka kehilangan energi dan dalam kondisi tertentu diserap oleh materi lain. Energi besar electron ini dilepaskan dengan peluruhan radioaktif yang dikenal dengan sinar beta dan proses ini dikenal dengan attenuasi (peluruhan) sinar beta. Ketika suatu materi diletakkan antara 14C dan alat deteksi sinar beta, maka sinar diserap dan atau energinya berkurang. Hasilnya adalah pengurangan jumlah partikel beta yang terdeteksi. Besarnya jumlah pengurangan partikel beta yang terdeteksi adalah fungsi dari massa penyerapan materi antara sumber beta 14C dan detector. Ini adalah prinsip kerja dari alat BAM 1020, secara automatik mengukur dan mencatat konsentrasi debu berukuran 10 µ. Prinsip ini perlu dipahami oleh operator dan teknisi yang menangani alat BAM1020.

When the hight-energy electrons emanating from the radioactive decay of 14 C(carbon 14) interect with nearby matter, they loose their energy and, in some cases, are absorbed by the matter. These high-energy electron emitted through radioactive decay are known as beta rays and the process is known as beta-ray attenuation. When matter is placed between the radioactive 14C source and a device designed to detect beta rays, the beta rays are absorbed and/or their energy diminished. This results in a reduction in the number of beta pacticles detected. The magnitude of the reduction in detected beta particles is a function of the mass of the absorbing materr between the 14 beta source and the detector. These are the principle of BAM1020 equipment, automatically measure and record dust concentration which is sized 10µ. These principle must be understood by operator and technesiant to handle a BAM1020 equipment.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T29055
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 79 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T29055 15-19-768818048 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20278650