Efektivitas metode bermain untuk membentuk sikap positif terhadap membaca pada anak Taman Kanak-kanak
Intan Kurniasih;
Evita Eddie Singgih, supervisor
([Publisher not identified]
, 1997)
|
ABSTRAK Bermain merupakan sarana belajar utama bagi anak prasekolah. Bermain memberikesempatan pada anak untuk berinteraksi langsung dengan suatu obyek sehingga membantumereka memahami berbagai konsep dan mengalami emosi positif yang berkaitan denganobyek. Jadi, disusun hipotesa bahwa bermain dapat dijadikan metode pembentukan sikappositif terhadap membaca pada anak TK yang terdiri dari dua aspek, yaitu aspek kognitif(konsep tentang membaca) dan aspek afektif (perasaan suka terhadap membaca).Anak yang baru belajar membaca perlu mengetahui konsep-konsep tentang apayang dipelajarinya agar tidak mempersepsi kegiatan tersebut sebagai sesuatu yang asing danmisterius. la perlu memiliki konsep tentang apa itu membaca, bagaimana cara kerjanya, sertatujuan dan manfaat yang bisa didapat. Anak perlu memiliki perasaan suka terhadap membacaagar anak rela dan antusias mempelajari dan menerapkannya. Jadi secara keseluruhan, sikappositif mendukung dan mempermudah pembelajaran membaca sekaligus membimbing anakke arah kegemaran membaca.Efektivitas metode bermain umuk membentuk sikap positif terhadap membaca diujisecara eksperimental dengan nonrandomized pre-posttest control group design. Dua puluhempat anak TK B menjadi subyek penelitian, 12 sebagai kelompok eksperimen dan 12sebagai kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti program bermain selarna 15 hari denganIama tiap sesi sekitar 30 menit. Kegiatan bermain bersifat terarah dan terbimbing denganmelibatkan unsur bacaan atau kegiatan membaca. Pengukuran jumlah konsep akurat tentangmembaca dan perasaan suka terhadap membaca diukur pada seluruh subyek sebelum dansesudah program dijalankan.Pengujian gain score dengan t-test menunjukkan adanya perbedaan peningkatanyang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol pada aspek kognitif maupun aspekafektif. Dengan demikian bermain terbukti efektif untuk membentuk sikap positif terhadapmembaca pada anak TK.Meskipun hasil tersebut mendukung hipotesa yang diajukan, penelitian ini memilikikendala keterbatasan generalisasi. Jumlah sampel yang kecil dan tidak dilakukannyarandomisasi mengandung kemungkinan sampel kurang representatif terhadap populasi. Jadigeneralisasi hasil penelitian ini terbatas pada bagian populasi anak TK yang mempunyaikarakteristik relatif sama dengan sampel penelitian. |
![]()
|
No. Panggil : | S2668 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 119 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2668 | 14-18-814748261 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20279416 |