Pengaruh lingkungan belajar terhadap kompetensi komunikasi anak (Suatu tinjauan atas kemampuan anak-anak Sekolah Dasar usia 8-10 tahun yang memiliki lingkungan belajar yang berbeda dalam menerangkan kata benda
Meilina Sari;
Sri Hartati, examiner; Soemiarti Patmonodewo, supervisor
([Publisher not identified]
, 1998)
|
ABSTRAK Kemampuan untuk memahami apa yang disampaikan olehorang lain dan kemampuan untuk mengutarakan isi pikiran kepada oranglain adalah penting. Petty dan Jensen (1980) menyatakan bahwakemampuan berbahasa berkorelasi positif dengan keberhasilan belajar anak.Untuk dapat dipahami oleh orang dewasa, anak-anak yang menguasaikebanyakan konsep spontan dapat saja menguasai konsep ilmiah denganbantuan guru di sekolah atau melalui interaksi dengan orang dewasa yanglebih ahli di lingkungannya.Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk meneliti apakahada pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan bahasa anak usia 8 -10 tahun yang diukur melalui kompetensi komunikatif. Lingkungan belajardalam penelitian ini dibatasi pada lingkungan belajar di rumah dan disekolah. Sedangkan aspek-aspek yang terdapat di dalam lingkungan belajardibatasi pada aspek : Orang-orang di sekitar anak dan interaksinya,Aktivitas anak, Fasilitas fisik , dan Komunikasi dan nilai-nilai yang dianut,seperti yang dikemukakan oleh Bronfenbrenner (dalam Myers, 1992).Subyek yang diikutsertakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi sekolah dasar berusia 8 - 10 tahun dengan tingkat inteligensi umumrata-rata. Subyek-subyek penelitian diambil dari 2 lingkungan belajar yang berbeda, yaitu sebanyak 30 subyek berasal dari lingkungan belajar yangbanyak menyediakan stimulus secara kualitatif dan kuantitatif dalammerangsang kompetensi komunikatif anak (lingkungan belajar A) dansebanyak 30 subyek lainnya berasal dari lingkungan belajar yang kurangdalam menyediakan stimulus secara kualitatif dan kuantitatif dalammerangsang kompetensi komunikatif anak (lingkungan belajar B). Untukmengukur kompetensi komunikatif subyek, subyek diminta untukmenjabarkan/menjelaskan 9 kata benda target.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yangberada di lingkungan belajar yang banyak menyediakan stimulus-stimulussecara kualitatif maupun kuantitatif dalam merangsang kompetensikomunikatif anak memiliki nilai kompetensi komunikatif yang Iebih tinggisecara signifikan daripada anak-anak yang berada di lingkungan belajaryang kurang dalam menyediakan stimulus. Di samping itu, penelitian inijuga menunjukkan bahwa walaupun semua aspek-aspek lingkungan belajarmemberikan pengaruh dan berkorelasi positif terhadap kemampuan bahasaanak yang dalam penelitian ini dikaitkan dengan penguasaan konsep yangdiukur melalui kompetensi komunikatif anak, namun aspek 1 yaitu orang-orang di sekitar anak dan interaksinya memberikan sumbangan yang palingbesar terhadap kompetensi komunikatif anak. Begitu pula halnya dengankata-kata benda target yang dapat dengan sangat mudah dijelaskan/dijabarkan oleh anak adalah kata-kata benda target yang berada di dunianyaterutama dunia bermain. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanyaindikasi bahwa faktor sosial ekonomi juga mempengaruhi seberapa dekatdan sering anak berinteraksi atau memiliki pengalaman terhadap benda-benda tersebut sehingga mempengaruhi hasil kompetensi komunikatif.Sementara itu juga didapatkan hasil bahwa pada anak usai 8 -10 tahun, usiatidak mempengaruhi kompetensi komunikatif anak secara signifikan.Sedangkan untuk jenis kelamin didapatkan hasil yang berbeda antaralingkungan belajar A, di mana jenis kelamin mempengaruhi kompetensikomunikatif anak secara signifikan, dengan lingkungan belajar B, di manajenis kelamin tidak mempengaruhi kompetensi komunikatif anak.Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melihat jugaperanan orang-orang di sekitar anak selain orang tua dan guru. Kemudiandapat juga dilihat hubungan kompetensi komunikatif dengan prestasi siswa,mengingat kemampuan berbahasa anak berkorelasi positif dengankeberhasilan belajar anak. |
![]()
|
No. Panggil : | S2731 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvii, 197 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2731 | 14-18-864545957 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20279833 |