:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Implementasi Javacard pada sistem database apotek = Java card implementation in pharmacy database system

Rizki Ferdihantoro; Harry Sudibyo S., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Dunia informasi pada saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, terbukti dengan banyak munculnya aplikasi yang berguna dalam menangani berbagai bidang permasalahan. Pada apotek, sistem informasi hanya digunakan dalam database stok barang tetapi tidak dalam komunikasi dengan dokter.
Tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang rancang bangun dalam mengimplementasikan suatu aplikasi java card yang terintegrasi dengan sistem database apotek. Java card merupakan salah satu jenis dari smart card yang menggunakan pemrograman berbasis java. Smart card pada aplikasi ini berfungsi sebagai pengganti resep obat.
Program aplikasi ini terdiri atas tiga program aplikasi host yaitu aplikasi administrasi pada rumah sakit, aplikasi dokter, aplikasi pengguna pada apotek dan applet pada kartu. Program aplikasi ini dimodifikasi dan disimulasikan menggunakan simulator Java Card Workstation Development Environment (JCWDE) untuk dilakukan analisa dan pengujian. Skenario ujicoba dilakukan dengan mensimulasikan komunikasi antara smart card yang telah disi oleh dokter dengan aplikasi apotek yang terhubung ke sistem database apotek.
Hasil dari tugas akhir ini berupa rancangan suatu sistem kartu akses smart card yang dapat mempercepat dan meningkatkan pelayanan pada apotek.

Nowadays, the information age is emerging rapidly, driven by many useful applications for solving problems in almost every aspect in human life. At pharmacy, information system; currently, only used to manage inventory database but not in communication with medical doctors.
The discussion in this bachelor thesis starts with general explanation about the design, construction and ends with the discussion of its implementation in java card which is integrated with the pharmacy?s database system. Java card is a smart card type using programming based on java. In this application, the smart card functions as a substitute of drug recipe.
The application program consists of three application host programs. They are the Hospital Administration application, the Medical Doctor application, the Pharmacy Consumer application and applet at card. This application program is developed and simulated using a Java Card Workstation Development Environment (JCWDE) simulator for test and analysis. The practical scenario involves interaction between smart card which had been written by doctor to pharmacy application while being connected to the pharmacy database system as back-end application.
The result of this final project is to design an access card for smart card which can improve the quality of services at pharmacy.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

No. Panggil : S40508
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 58 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S40508 14-22-56055534 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20279842