:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Proses penyampaian dan penerimaan pesan visual merchandising toko esprit Blok M Plaza

Vashti Trisawati; Arintowati Hartono Handojo, supervisor; Bachtiar Aly, supervisor ([Publisher not identified] , 1991)

 Abstrak

ABSTRAK
Di dalam penjualan suatu produk, perlu diperhatikan 4 aspek, yaitu memberikan informasi, mengingatkan, dan menyediakan barang yang baik, menarik dan menyolok. Salah satunya adalah dengan merancang visual narchandising yang mampu menarik pembelanja masuk ke dalam toko pembelian. Agar hal ini terjadi, marchandising perlu komunikatif kepada konsumen. Dalam mempersuasi dan berakhir dengan maka visual hal ini , visual marchandising merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh pihak toko/pengecer (retail). Penelitian mengenai toko (retail) lebih dikenal dengan citra tokoC-fftore imaga). Dari berbagai dimensi untuk mengukur citra toko, dimensi fasilitas fisik, promosi dan atmosfir toko merupakan dimensi yang langsung berhubungan dengan visual marchandising. Ketiga dimensi ini dilihat dari faktor eksterior, yang terdiri dari tanda, tipe pintu masuk dan etalase., serta faktor interior yang terdiri dari atmosfir, pola tata letak dan pengelompokkan barang. Kedua faktor ini menjadi variabel yang dipilih peneliti untuk melihat adanya kesamaan antara pesan visual merchandising yang disampaikan dan yang diterima. Sampainya pesan visual merchandising ini kemungkinan dipengaruhi oleh motivasi responden berkunjung ke toko Esprit Blok M Plaza. Dalam melaksanakan studi inif peneliti memakai metoda dan kepustakaan untuk mengumpulkan data pesan yang ingin disampaikan., dan metoda survey riset untuk mengumpulkan data pesan yang diterima dengan menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisa dengan tes statistik Koefisien Kontingensi dan Chi Kuadrat, khususnya untuk wawancara melihat hubungan motivasi responden berkunjung ke toko Esprit dengan sampainya pesan visual merchandising. Hasil penelitian menunjukkan, antara pesan visual merchandising yang disampaikan dan yang diterima cenderung sama, kecuali pada tanda dan pengelompokkan barang. Sedangkan motivasi cenderung tidak mempengaruhi sampainya pesan. Terbukti dengan hasil perhitungan statistik Koefisien Kontingensi, hubungan tersebut cenderung lemah. Sehingga hipotesa penelitian ditolak. Sampainya pesan tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh loyalitas responden terhadap merek dan toko Esprit serta citra konsumen terhadap toko Esprit.

 File Digital: 1

Shelf
 S3848-Vashti Trisawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S 3848
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1991
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 116 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S 3848 14-20-889167542 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20283310