:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Keberadaan fungi mikoriza di dalam jaringan akar DendrobiumcrumenatumSw., DendrobiumcucullatumR. Br., dan DendrobiumanosmumLindl.

Henny Nur Fajriyah; Nisyawati, supervisor; Susiani Purbaningsih, supervisor; Wibowo Mangunwardoyo, examiner; Dian Hendrayanti, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui keberadaan fungi mikoriza di dalam jaringan akar Dendrobium crumenatum, Dendrobium cucullatum, dan Dendrobiumanosmum. Metode yang digunakan adalah pemanasan akar dengan KOH dan freehand sections. Hasil penelitian menunjukkan fungi mikoriza ditemukan di dalam selsel yang telah terdiferensiasi dan tidak ditemukan ditemukan di dalam selsel yang belum berdiferensiasi, yaitu pada bagian ujung akar. Fungi mikoriza ditemukan di dalam jaringan eksodermis, korteks, endodermis, dan stele dalam bentuk peloton. Persentase kepadatan fungi tertinggi terdapat pada akar remaja ketiga spesies Dendrobium, yaitu 43,1%; 44,16%; dan 38,42%; dan pada spesies Dendrobiumcrumenatumsebesar 41,31%.

This research is aimed to understand the presence of mycorrhizal fungi in root tissues of Dendrobiumcrumenatum, endrobiumcucullatum, and Dendrobium anosmum. The methode are used heating roots within KOH 10% and freehand sections. The results are showing that the mycorrhizal fungi is founded inside differentiated cells and not founded inside undifferentiated cells, which is root tip. The mycorrhizal fungi are founded inside exoderm, cortex, endoderm, and stele. Percentage of highest density of mycorrhizal fungi found in intermediate roots of Dendrobiumspecies, that are 43,1%; 44,16%; and 38,42%; and on the species of Dendrobiumcrumenatum, that is 41,31%.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S759
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiv, 53 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S759 14-22-59564060 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20283363