:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Alternatif pengembangan retail business : suatu studi identifikasi dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sales revenue berdasarkan model Allio-Pennington. (studi kasus retail supermarket "ABC")

Supit, Dolfie Theopilus; Saragih, Ferdinand Dehoutman, supervisor; Sitepu, Masliana P. Bangun, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Perkembangan masyarakat perkotaan telah mengakibatkan perubahan di berbagai aspek kehidupan masyarakatnya, seperti peningkatan pendapatan. Menurut hukum ekonomi, kenaikan pendapatan akan berakibat pada perubahan pola belanja masyarakat dari pasar tradisional ke pasar swalayan. Skripsi ini menyajikan hasil penelitian yang berkaitan dengan perkembangan omzet pasar swalayan yang sebelumnya menjadi original market leader setelah kehadiran pasar swalayan lain sebagai compelilor, yang dilakukan pada kurun waktu 29 Mei - 28 September 1993.
Pasar swalayan yang dijadikan kasus-penelitian ini adalah ABC. Pasar swalayan ini membuka oullet di Q tahun 1987. Pada tahun 1991 ternyata pasar swalayan ABC sebagai original market kader menghadapi perubahan salah satu wicontro/lable variable-nya yakni hadirnya XYZ sebagai pesaing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi omzet ABC setelah kehadiran XYZ. Dengan berlandaskan pada teori dan pendapat para pakar, dipilih dua faktor yang menjadi pokok permasalahan untuk dianalisis yakni pertumbuhan niarket share pendatang baru dan kondisi retail mbc.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanasi (Explanatory rescarch). Khusus untuk variabel kondisi retail mix teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik non-probabilita dengan jenis Occidental sampling. Data primer untuk variabel market share pendatang baru diperoleh dari dokumen yang relevan sedangkan untuk variabel kondisi relai/ mix digunakan kuesioner yang menggunakan semantic differential instiumen pengukuran indikatornya.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah bahwa market share XYZ tidak berpengaruh pada pengujian tiga dimensi sedangkan kenaikan omzet XYZ ternyata berpengaruh terhadap perkembangan omzet ABC. Demikian pula dengan kondisi retail mix ternyata berpengaruh terhadap perkembangan omzet ABC. Terutama untuk variabel convinience, merchandising, dan lokasi. Untuk itu PT.ABC harus memperbaiki kenyamanan berbelanja, kelengkapan barang dan jika kondisi memungkinkan mencari alternatif lokasi yang lebih mudah dijangkau dengan kendaraan umum dari berbagai jurusan.

 File Digital: 1

Shelf
 S3804-Dolfie Theopilus Supit.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S3804
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 120 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3804 14-20-726750021 WEEDING
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20283535