Citra wanita dalam majalah pria (Suatu studi analisis perbandingan isi antara rubrik kencan pada Majalah Matra dengan rubrik profil pada Majalah Femina)
Lingga, Gita Fiatri,;
Lilik Arifin, supervisor; Dedy Nur Hidayat, supervisor; Ari Harsono, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995)
|
Peningkatan teknologi yang begitu cepat tampaknya telah mendorongkemajuan dan status posisi wanita dalam masyarakat. Kedudukan wanita telah bergeser dari yang banya menjadi makhluk rumah, menjadi makhluk luar rumah.Wanita masa "ni ingin dipandang sebagai mahkluk yang berintelektual tinggi,mempunyai keterampilan serta keahlian yang tinggi, dan mempunyai kesempatan luas memasuki pasar tenaga kerja Namun, sampai saat ini ang~pan tradisional tentang superioritas pria atas wanita be'Jum dapat tertumbangkan,biarpun wanita telah berusaha dengan segala cara untuk meningkatkan status dirinya. Kaum pria masihmemandang wanita hanya sebagai obyek seks dan hanya dari penampilan fisiknya Adanya pandangan dan anggapan ters€but tarnpaknya juga mempengaruhi isi media massa, sebagai bentuk kongkrit dari penggambaran budaya, dalam memandang wanita. Media pria dianggap masih terikat pada pandangan tradisional tadi dalam upaya memenuhi kebutuhan khalayaknya, sedangkan media wanita dianggap inginterus meningkatkan status dan citra wanita dalam masyarakat. Hal inilah yang akan dilihat sebagai pokok permasalahan dalam penelitian anal isis isi ini.Majalah Matra dan Femina ditentukan secara purposif, karena MatTa dan Femina dianggap sebagai sebuah majalah pria dan wanita yang paling menonjol dan populer dalam masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dari awal penerbitan majalah MatTa, yaitu 1986 sampai 1994. Selain melakukan pengumpulan databerdasarkan isi kedua media tersebut yang sebelumnya telah dibatasi ke dalambatasan-batasan tertentu, peneliti juga melakukan wawancara mendalam dengankedua Redaktm: Pelaksana masing-masing rubrik ini guna memperoleh informasiyang lebih Jengkap dan detail mengenai hal-hal yang elatarbelakangi isi keduarubrik ini.Teori yang melandasi ~nelitian ini adalah Teori Rekonstruksi Realitas secaraSosial oleh Peter Berger. Pemikiran Berger in· hanya digunakan sebagai landasanteoritis yang menjadi sandaran berpikir. Namun dalam pembahasan danpenganalisisan lebih lanjut, penelitian ini hanya menekankan pada salah satu aspekdari pemiktran Berger tersebut, yaitu realitas sirnbolik sosial yang diterapkan dalambentuk penggunaan teori-teori komunikasi assa yang berkaitan. Denganmenggunakan landasan dan kerang)(a teoritis seperti di atas, hipotesis yang diajukanakan diuji melalui teknik T-Test yang akan melihat tingkat perbedaan penampilancitra wanita antara majalah Matra de gan Femina.Bagaimanakah basil penelitian yang diperoleh? Temyata, majalah Matramelalui Rubrik Kencannya telah mengalami pergeseran konsep dalam penampilancitra wanita. Matra tidak lagi hanya melulu menyajikan isi yang menampilkan sisiluar wanita saj~ namun juga telah menampilkan sisi lain dari wanita denganmenyajikan pemikiran tokohnya. Walau begitu, bukan berarti Matra mengabaikanpenampilan fisik dari para wanitanya, karena Matra tetap meyadari bahwa penyajian isi dan foto yang menampilkan keadaan fisik wanita. Sedangkan Femina melaluiRubrik Profilnya secara rutin dari awal penerbitannya terus berupaya dan berusahameningkatkan statu$ wanita dengan selalu mengangkat masalah seputar wanita danselalu berupaya mendorong wanita untuk menunjukkan keberadaan dan kualitasdirinya tanpa rnelupakan kodmt alaminya sebagai wanita. |
S4020-Lingga Gita Fiatri.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S4020 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 125 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S4020 | 14-22-23198132 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284155 |