Kegiatan humas dalam menunjang fungsi perusahaan hotel (Suatu studi evaluatif terhadap pelaksanaan Program Kerja Humas Hotel Sari Pan Pacific Jakarta)
Matondang, Rosnath;
Mahiddin Machmud, supervisor; Agatha Veronica, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993)
|
Pada masa sekarang ini bidang pariwisata mendapat perhatiankhusus diseluruh dunia : Indonesia juga iku berpartisipasimenggalakkan pariwisata dengan " Visit Indonesia Year 1991"'.Semakin meningkanya usaha memajukan pariwisata, mengakibatkantuntutan masyarakat terhadap sarana dan fasilitas yang ada menjaditinggi. Tempat menginap atau hotel adalah salah satunya.Persaingan yang semakin keras dalam dunia perhotelanmenyebabkan setiap hotel berlomba-lomba untuk memberikan pelayanandan produk wisata yang terbaik. Salah satu usaha yang dianggaptbrut berperan dalam kemajuan dan kelarisan jasa dan produkyang ditawarkan oleh hotel tersebut adalah bidang HubunganHasyarakat. Meskipun bidang ini masih baru bagi masyarakatIndonesia, namun tidak halnya di negara- negara maju. Hampir di setiap hotel bertaraf internasional, bidang Humas dapat kitatemui. Heskipun pada kenyataannya, belum ada pengertian yang sa~aakan arti dan fungsinya, maka keberadaan Humas dan wewenangnyamenjadi berlainan.Dalam penelitian in1. a kan disorot berbagai programkerja Humas di Hote l Sari Pa Pacific, Jakarta dalam menunjangfungsi perusahaan hotel. Secara khu sus di t injau dari hubungannyadengan para pelanggan . Untuk itu diadakan suatu penelitiandengan men ggunakan kuesioner .Sampel sengaja (purposive sampt e) adalah s ampe l yangdigunakan d a1am penelitian i ni . Sebagai sampelnya a dalah merekayang p erna enggunakan jasa dan p rodu k Hotel Sari Pan Pacific,Jakarta , berkebangsaan Ind ones · a, b e rkantor d i wilayah JakartaPusat dan dikirim majalah pub li kasi ho te l ''Sari Smile'' .Data 1ain diperoLeh dar i ke ustakaan dan wawancara . denganmereka yang jabatan dan pek&r jaannya di Hot e l Sari Pan Pacific.Jakarta sedikit banyak berhubungan dengan bagian Humasnya yangdisebut Promotion and Publ i c Relations Depar tment.Dari hasil penelitian di lapangan terhadap para pelanggandiperoleh hasil bahwa Humas belum ditempatkan pada porsi yangmemadai, yakni sebagai Top Manajemen. Humas Hotel Sari Pan Pacific,Jakarta hanya merupakan bag ian d·ar i Sales De par tmen t.Hal ini dapat mempengaruhi program-program kerja yang dilaksanakan,yang lebih ditujukan secara khusus bagi kepentingan SalesDepartment, bukan manajemen keseluruhan Heskipun tidak menutupi adanya faktor penyebab lain, hasilpenelitiam ini diharapkan tetap memberikan gambaran dan . masukanterhadap fungsi fungsi Humas perhotelan |
S4026-Rosnath Matondang.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S4026 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 97 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S4026 | 14-20-593465682 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284172 |