Hubungan iklim komunikasi dengan motivasi kerja karyawan pada perusahaan swasta (Studi kasus pada Divisi Produksi PT. Sony Electronics Indonesia)
Rahmi Baiduri Kusumawati;
Ilya Revianti Sudjono Sunarwinadi, supervisor; Henny Supriyati Widyaningsih, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996)
|
Pada saat karyawan mulai bekerja dalam suatu perusahaan, adaharapan-harapan yang dibawanya untuk dapat penuhi.fkaryawan maupun perusahaan mengharapkan terpenuhinyUmumnya ke butuhanekonomis sebagai faktor utama. Sement ara da lam kadar yang samapenting tetapi kadang terabaikan, karyawan juga membutuhkanadanya pemenuhan psikologi s s eb agai i mbal an yang diteri manya.Be rang kat dar i pemi.k iran t e rsebut , pe rmasa 1 a han pokok yangakan dika ji dalam pe ne l iti an ini me nyangkut s eb erapa jauh iklim ·komunikas i yang berkembang memi liki hubongan at au mampumempengar uhi motivasi ke r ja ka ryawann ya. Oipilihnya karyawanDivisi Produksi dalam pene l it i a n i ni karena jumlahnya yangmayoritas dalam perusahaan dan perannya sebagai moto r yangmenggerakkan proses produksi, bagian terpenting dari aktivitasoerusahaan manufaktur, seperti PT. Sony Electron.ics Indonesia.Untuk kebutuhan tersebut penulis mewawancarai 127 respondensebagai sampel dengan alat bantu kuesioner. Penarikan sampel d it ent u k an secara senga j a (purposive. samp 1 i ng) yang · t erma·sukdalam teknik non probabilita. Sehingga hasil yang diperoleh puntidak daoat . digene.ralisir dalam konteks yang luas. Tipeoenel .itian ini adalah eksplanatif, untuk melihat hubungan . atauoengaruh variabel independen (iklim komunikasi dan faktor nonkomunikasi)dengan variabel dependen (motivasi kerja). Analisisdata kemudian dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistikchi-sauare (X2 ) yang telah ditetapkan pada level p < 0.05. Untukmenguji kekuatan hubungannya digunakan perhitungan d sommer's.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ·signiflkansi perbedaan dankorelasi kuat ter hadap otivas i . kerj a karyawan secara kese luruhanberasal dari ik lim komuni kasi .. Namun seca r a pars i al , aspe k-aspekvang terc aku p dalam iklim komun i kas i tida s elal u memberikansignifikansi dan kore l asi kuat terhadap setiap indikato r motivasi~~e r j a, kecua 1 i t erhadap 1 oya 1 i t as, absens i dan kepuasan padaoekerjaan . Diket ahui pula bah a f a kt or non komuni kasi turutmempengar uh i motivasi ke rja karyawan. Terutama karena ga ji danfasilitas yang dirasakan memadai, promosi jabatan yang adi l sertaidentitas dan keb i jaksanaan perusahaan.Jadi. motivasi ker ja karya an pa a Divis~ Produksi PT . SonyElectroni cs Indones i a dipengaruhi baik ole ik lim komunikasimauoun fa ktor non komunika-si. Hal ini s eja1ao dengan mode l yangdikemukakan Herzberg bahwa kepua$an ke r ja, e bagai awal tumbuhnyamotivasi kerja, ditentukan oleh 2 fa ktor, yaitu satisfier (a1atmotivator i k 1 i m komunikasi) dan dissatisfier (faktoroemeliharaan non komunikasi |
S4030-Rahmi Baiduri Kusumawati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S4030 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvii, 120 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S4030 | 14-22-21013261 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284184 |