Keterkaitan antara kualitas attachment dan strategi coping terhadap stres pada anak usia sekolah
Dyah Bayurini;
Mayke Sugianto Tedjasaputra, supervisor
([Publisher not identified]
, 2004)
|
ABSTRAK Secara garis besar, ada dua lingkungan yang dihadapi anak yaitu lingkunganrumah dan sekolah. Dua lingkungan ini terkadang memunculkan masalah yangdapat mempengaruhi kondisi anak, baik- fisik maupun psikologis, sehinggaberakibat pada timbulnya stres pada anak. Anak perlu belajar untuk mengeloladan mengatasi stres (coping) yang ditimbulkan oleh situasi yang menakutkan dirimereka. Kemampuan coping akan mempengaruhi kemampuan anak untukmencapai tujuan sosial dengan cara yang efektif dan penerimaan diri anak secarasosial. Salah satu faktor yang mempengaruhi penggunaan coping terhadap strespada anak adalah kualitas attachment. Dengan dasar pemikiran ini, penelitimeneliti keterkaitan antara skor kualitas attachment dan skor strategi copingterhadap stres pada anak usia sekolah. Untuk attachment, peneliti membatasi padakualitas attachment secure-insecure dan pengukurannya menggunakan kuesionerAttachment Security Scale (ASS) yang dikembangkan oleh Hildayani (2002) yangkemudian diadaptasi untuk penelitian ini. Kuesioner ini mengukur persepsi anakmengenai komunikasi yang terbuka dengan figur attachment, kemudahan bagianak untuk menjangkau figur attachmento.ya ketika sedang membutuhkannya(iaccessibility), serta responsivitas yang diperlihatkan oleh figur attachment.Peneliti memfokuskan pada attachment anak dengan ibu karena ibu cenderunguntuk memonitor anaknya lebih dekat dibandingkan dengan ayah. Untukmengukur strategi coping terhadap stres, digunakan kuesioner Strategi Copingterhadap Stres (SCtS), yang disusun oleh peneliti, yang mengukur strategi copingadaptif dan tidak adaptif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 197anak usia sekolah dengan rentang usia usia 8-12 tahun, bersekolah di sekolahdasar yang menerapkan program sekolah sehari penuh (fail day school), danmasih mempunyai serta tinggal bersama ibu kandung. Analisa dilakukan denganmenggunakan tehnik perhitungan Chi-square dan diperoleh hasil bahwa tidak adaketerkaitan yang signifikan antara skor kualitas attachment dan skor strategicoping terhadap stres pada anak usia sekolah. |
![]()
|
No. Panggil : | S3396 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 89 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S3396 | 14-19-425292884 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284253 |