Masalah penggunaan anak dalam iklan (Suatu studi mengenai sikap orangtua terhadap penggunaan model anak-anak dalam siaran iklan di televisi)
Sri Kurniati;
Muhammad Budiyatna, supervisor; Martini Mangkoedipoero, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993)
|
Anak-anak, dalam banyak hal seringkali menjadi pihakyang dilalaikan. Padahal mereka adalah generasi harapanbangsa. Anak-anak adalah kuncup-kuncup yang akan berkembangdalam kehidupan kita, janji gemilang bagi masa depan danpenghibur Masa depan suatu bangsa terletak ditangan mereka. Allah SW . dalam firman-Nya menyatakan bahwaharta dan anak adalah perhiasan dunia. Oleh karena itu,tidak heran jika kita seringkali lupa untuk membimbingnya.Dalam dunia pertelevisian misalnya, anak terpaksa dan . dipaksauntuk mengkonsumsi berbagai tayangan acara yang tidak sesuaibagi perkembangan mereka.Disamping itu, melalui dunia periklanan yang penuhpersaingan, anak-anak sejak dini mulai dirambah sebagai ajang bisnis. Ibarat kertas putih, anak-anak adalah suatu sosokyang dapat diisi. Keluguan mereka ditambah rasa keingintahuanyang besar, membuat anak mudah sekali tergoda.Kenyataan ini yang penulis ungkapkan untuk mengetahuisejauh mana peran orangtua dalam membentuk kepribadian anak-anaknya, terutama mengetahui bagaimana sikap mereka ยท terhadapdigunakannya anak-anak sebagai model dalam suatu iklan. Halini berkaitan bahwa. lingkungan keluarga, dalam hal iniorangtua, mempunyai peran yang menentukan dalam pembentukanpribadi anak Pen e kanan pene litian pada penggunaan model anak dalamiklan adalah karena tanpa menggunakan model anak-anak saja,sua tu iklan sudah dapat mempengaruhi anak, bagaimana denganiklan yang menggunakan model anak-anak. Penggunaan modelanak di sini , adalah penggunaan model anak-anak yang dirasatidak pada tempatnya, karena bertujuan untuk memancing emosianak agar menjadikan terkadang produk yang ditawarkan in tegraldengan kehidupan mereka sendiri hari. I klan yang dij adikancon toh dalam penelitian ini adalahiklan susu coklat Indomilk, Dancow, dan Dai~a tsu Classy . |
S4079-Sri Kurniati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S4079 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 165 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S4079 | 14-22-03513792 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284298 |