Sikap positif karyawan terhadap perusahaan adalah halyang paling penting, yang harus dimiliki oleh sebuah badanusaha , karyawan merupakan roda utama keberhasilan perusahaan.Salah satu upaya yang dilakukan Humas PT National Gobelguna membentuk sikap positif karyawan, melalui rangkaiankegiatan komunikasi persuasif dalam menanamkan nilai-nilaiperusahaan yaitu Falsafah "Pohon Pisang " beserta ketujuhPrinsip penjabarannya, Prinsip Utama dan Motto Perusahaan.Tujuan pene litian ini adalah untuk melihat usaha-usahayang dilakukan Humas PT National Gobel dalam menjalankanfungsi internal relations-nya, ketika menanamkan nilai-nilaiperusahaan sebagai upaya memperkuat budaya perusahaan. Jugaakan ditinjau keterlibatan serta hal-hal yang menjadi hambatanHumas dalam melakukan kegiatannya; disamping itu, dibahas Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kwantitatifdengan teknik penarikan sampel purposive sampling (penarikansampel secara sengaja), dengan dua metode pengumpulandata yaitu ' survai dan wawancara mendalam terhadap pihak HumasPT National Gabel yang dianggap berkompeten dalam memberikaninformasi penelitian, yang terdiri dari kepala Humas dan duaorang stafn ya, disamping dikumpulkan pulaata dari parakaryawan PT National Gobel mengenai pengetahuan dan sikapnyaterhadap perusahaan , dengan mengajukan kuesioner .Dari penelitian ini diketaui Bahwa, ada dasarnya PTNational Gobel telah melakukan kegiatan komunikasi persuasifdalam men anamkan nilai-nila i perusahaan (Falsafah, PrinsipUtama dan Motto Perusahaan) sesuai dengan 4 (empat) tahapyang dikemukakan oleh· Cutlip dan Center. Namun demikian ,PT National Gobel kurang memandang pentingnya kegiatan penelitian,perencanaan dan evaluasi. Hal ini umum terjadi padaperusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, termasuk perusahaanbesar nasional.Kurangnya mutu personal dari pihak Humas PT NationalGobel menyebabkan majalah perusahaan "Berita National" yang mampu dijadikan media paling efektif, sebagai penghubungantara pihak manajemen dan karyawan dalam upaya menanamkannilai-nilai p~rusahaan tidak berhasil . dimanfaatkan. Disisilain, seharusnya media internal ini mampu menciptakan dayatarik dan keingintahuan karyawan terhadap nilai-nilai perusahaanyang merupakan wujud dari budaya perusahaan (corporatecrilture).Hasil penelitian memperlihatkan bahwa aspek Pengetahuan(kognitif) dan besaran engalaman personal berp engaruh kuatdalam pembe ntukan sikap· positif (aspek afektif ) karyawanterhadap nilai-niiai perusa haan , seperti dikemukakan olehAllport; sikap diorganisir dari pengalaman. |