Citra merek sebagai gambaran hasil persepsi terhadap suatu merek produk (Studi tentang citra merek Kartu Kredit AMEX (American Express) di kalangan pemegangnya)
Arief Rubiono Rusman;
Arintowati Hartono Handojo, supervisor; Henny Supriyati Widyaningsih, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990)
|
Citra pada suatu merek produk dirasakan penting sekalioleh karena konsumen tidak hanya meembeli produk berdasarkankebutuhan secara fisik saja tetapi mereka membeli ataspertimbangan psikologisnya. Citra yang positif pada suatu merek produk memberikannilai tambah pada produk tersebut sekaligus memberikan cirikhusus yang membedakan merek tersebut dengan merek yang laindiantara produk yang sejenis.Berangkat dari pentingnya citra yang positif pada suatumerek produk, peneliti ingin memberikan suatu gambaranmengenai Citra Merek Kartu Kredit AMEX (American Express) dikalangan pemeg~ng kartu kredit AMEX, dan faktor-faktor yangdiduga berperan, yaitu faktor Persepsi Terhadap KelompokReferensi (Kelompok Referensi Prestise, Kelompok ReferensiKarir dan Kelompok Sesama) dan faktor Persepsi Terhadap Sampel sengaj a (purposive sample) adalah sampel yangdigunakan pada penelitian ini, yaitu pemegang kartu kreditAMEX. Penarikan sampelnya dilakukan secara kebetulan (accidental)maksudnya, orang-orang yang secara kebetulan diketahuipeneliti dan memenuhi syarat sebagai sampel pene litian,langsung dijadikan responden, yaitu sebanyak 100 responden.Citra merek kartu kredit AMEX diukur melalui 5 buahaspek yaitu Citra Tipe Konsumen kartu kredit AMEX, Citra Kep ribadian kartu kredit AMEX, Citra Pelayanan kartu kreditAMEX, Citra Perusahaan kartu kredit AMEX dan Citra iklankartu kredit AMEX.Metode yang digunakan untuk mengukur citra merek iniadalah Semantic Differensial yang disajikan dalam bentukgrafik. Sedangkan Kelompok Referensi dan Pengalaman pemegangkartu kredt AMEX diukur dengan metode pengukuran skalaLikert disajikan dalam bentuk grafik.Untuk mengetahui apakahKelompok Referensi dan Pengalaman mempunyai hubungan dengancitra merek kartu kredit AMEX diperlihatkan dalam bentuktabel silang. |
![]()
|
No. Panggil : | S4109 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xvii, 117 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S4109 | 14-22-34416704 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284696 |