Pengaruh tingkat komunikasi antar indiviud antar ras di sekolah terhadap sikap antar ras
Liliana Iskandarsyah;
Eduard Lukman, supervisor; Nasution, Zulkarimein, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990)
|
Permasalahan kelompok minoritas Cina di anggap sebagai suatu permasalahan· yang cukup serius di Indonesia karena sering terjadi konflik diantara golongan pribumi denga golongan non-pribumi keturuan Cina yangmembahayakan kehidupan bangsa dan ketahanan nasional. Dalam usaba menciptakan ubungan yang harmonis di antara. kedua golongan ini , cara yang dianggap cukup efektif adalah lewat jalur pend idikan formal, yaitu disekolah. Di sekolab inilab mu id-murid s e bagai generasi penerus bangsa dapat bergaul secara bebas, berbaur tanpa pandang bulu. Sebaliknya, dari pibak non-pribumi Cina sendiri, penelitian Universitas Hasanuddin pada tahun· 1977/1978 menyimpulkan babwa jalur pendidikan formal merupakan upaya pemerintah di bidang pembauran yang paling diterima golongan non-pribumi Cina dibandingkan dengan upaya pemerintah yang lainnya.Berdasarkan hal tersebut di atas, penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh tingkat komunikasi antar individu antar ras pada jalur pendidikan formal ini terhadap sikap antar ras; yaitu pengaruh tingkat komunikasiantar individu arJtar ras yarl dilakukan murid pribumi dengan murid non-p ibumi Cina dan seba liknya terhadap sikap antar ras. Penelitian ini dilakukan di SMAN 17 pada murid kelas II rnelalui kuesioner terhadap 100 orang, yaitu 50 murid pribumi den 50 murid non-pribumi Gina. Berdasarkan data yang telah terkumpul serta analisa dan inter"Fpretasi yang telabJ di1 akukan, basil peneitian ini memperlihatkan bahwa tingkat komunikasi antar individu antar ras pada murid pri bumi maupun murid non-pri Cinamenunjukkan pola yang sama. Di satu sisi adannya murid yangakrab dengan murid dari ras lainnya dan ada pula yangkurang akrab. Jumlah angka akrab lebih besar diband ingkanyang kurang akrab. Walaupun demikian murid yang kurangakrab dengan murid dari ras lainnya tidak dapat diabaikanbegitu saja, karena jumlahnya. sekitar setengah dari muridyang akrab dengan murid dari ras lainnya, atau sekitar 30%dari seluruh responden. Pola ini terlihat sama, baik pada murid pri bumi malipun murid non-pri Cina |
S4110-Liliana Iskandarsyah.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S4110 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xiii, 129 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S4110 | 14-20-275802853 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284697 |