Persaingan antar bank saat ini memasuki tahap yang'sengit'. Hal ini terjadi karena penin katan jumlah bankbaru yang oukup tinggi , sementara pasar yang ada relatiftetap .Ditengah kompetisi tersebut, Bank Tani Nasional beradapada posisi yang kurang meng untungkan . Bank ini dipahamisebagai bank yang terutama melayani para petani serta usahausaha pertanian; sebagai anak yang kecil; dari ยท tidakbonafid. Karena itu Bank Tan i Nasi onal memutuskan untukmengganti nama menjad i Prima Express Bank.Agar publik menyadari perubahan nama dari B~nk TaniNasional menjadi Prima Express Bank, serta memahami bank inidengan benar, diputuskan untuk menggunakan iklan perusahaan~Iklan ini dimuat di berbagai media cetak nasional, seperti harian KOHPAS, harian SUARA PEHBARUAN, harian BISNISINDONESIA, majalah TEMPO, dan majalah SWASEHBADA.Pemahaman memang merupakan suatu daya saing yangpotensial bagi suatu perusahaan. Sementara itu, membangunpemahaman yang benar bukanlah suatu hal yang mudah, karenatidak lah mudah untuk menerjemahkan karakter, sikap dan visisuatu perusahaan ke dalam "hanya~ beberapa kalimat yangdapat dimuat di dalam suatu seri ik lan p e rusahaan.Oleh Cipta Citr-a Advertising ber s ama d engancorporaten y a, SAGA COM MU NICATION, segala hal yangdisampakan kepada publi k in i, di terjemahkan kedalamyang menggunakan figur orang ketiga (karyawann a ),menje l s kan figur bank yang diiklankan.di visip erlui klanuntukPenulis mengambil 100 respo d en yang erat ka itannyadengan visi Prima Express Bank, yang oleh bank itu sendiridijad ikan sebagai slogannya: "terus tumbuh dan be rkembang".Sebagaimana bank i~i meng iden tif i kas ikan dirinya berdasa rkanvisinya, peneliti mengambil responden yang ber kaitan denganmasa depan, yaitu ruture u blic yang akan b erpengaruh d alamopinion former, yaitu mahasi swa.bahwa respondenbaik. Hal iniPenelitian ini menghasilkan jawaban,dapat memahami bank dengan cukupmencerminkan, bahwa iklan perusahaan bagaimanapun cukupmampu untuk membangun pemahaman yang benar terhadap PrimaExpress Bank Dari penelitian ini juga terlihat, bahwa unsur iklanyang agak menonjol di dalam membangun pemahaman respondenipada iklan pertama (iklan Bank Tani Nasional) maupun iklankedua (iklan Prima Express Bank), adalah unsur sub - judul danteks iklan .!klan kedua menyampaikan pesan dengan tema ganda, ya itutema institusiona l d an tema. even t ual. Dari penelitian i ni,terli hat, bahwa pada iklan d engan t ema ganda t ersebut, tidakmud~h bagi res ponden untuk memahami pe s an yang sebenarnyalebih panting. Walaupun demikian pemahaman mereka tidakmenyi mpang, dan tetap memerlihatkan suatu pemahaman yangcukup baik tentang bank yang di iklankan. |