Produk yang di tujukan untuk wanita begitu banyakragamnya. Dari sekian banyak produk tersebut, produk pembalutwanita yang ada di pasaran pun b e gitu· banyak, bai k dari merekyang ada maupun jumlahnya. Masing.,...masing ·menawarkan kelebihanproduk, dan menawarkan s uatu perne cahan· masa ah yang dialamidalam kehidupan wanita. Car e free adalah salah satunya.Produk ini mempos isikan produknya sebagai pembalut.wanita yang bukan untuk m a s~ haid, tetapi di pergunakansetiap hari guna mengatasi kelembaban sebe l um dan sesudahmasa haid wanita.Untuk membangun pengetahu n mengenai produk pembalut iriimemang tidak mudah , kare na masyarakat umumnya hanya mengenalpembalut-pembalut wanita yang dipergunakan untuk masa haidsaja. Salah satu strategi promosi yang mereka pilih adalahiklan. Media yang dipilih hanya majalah wanita, sepertiFemina, Kartini, dan Sarinah. Setelah lima tahun, pihak Johnson. & Johnson mulaimemperluas segmen pasarnya ke remaja,.melalui majalah Gadis.Untuk melihat sampai seberapa j~uh pengetahuan remaja putri,maka dilihat dari proses persepsi dimana akan dilihat juga· apakah unsur...;.unsur iklan Carefree mampu menarik perhatianmereka.Penulis mengambil 100 responden remaja putri SMP danSMA, yang pernah li at iklan Carefree d i wilayah Pondok Indahdengan pengambilan. sampel secara acak sederhana. Tehnikpengumpul an ~at a menggunakan wawancara berstr uktur , wawancaradengan pihak Johnson & Johnson, serta studi kepustakaan .Penelitian · ini menghasilkan jawaban , bahwa ilustrasi(gambar utama) merupak:an unsur yang paling menarik , yangp~rt am a kali d ilihat, dan juga unsur y ang pa1ing mudahdiingat . Sebagiban besar r esponc;ten kurang mengetahlii mengenaiheadline iklannya, mayoriias responden cukup mengetahuiilustrasi ikl an , dan umumny l ebih mampu menyebutkan gambarutama saja dar i 4 ilustrasi ¥ang ada. Responden yang pernahmembaca naskah iiklan · rnaupun yang t iaak pernah cukupmengetahuinya. Baik responden yang pernah membaca naskahnyamaupun yang tidak pernah membaca ternyata kurang tahupenggunaan sebenarnya daripembalut tersebut digunakanCarefree, mereka beranggapanuntuk masa-masa haid. Mengenai slogan yang digunakan, mayoritas responden tidak pernahmembacanya, sehingga pengetahuan mereka mengenai unsur iklanini adalah rendah. |