:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perancangan simulator manajemen sebagai media pembelajaran dalam pengambilan keputusan investasi industri biodiesel

Daril Benaya Yoyada Bachtum; Akhmad Hidayatno, supervisor; Armand Omar Moeis, supervisor; Yadrifil, examiner; M. Dachyar, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Penelitian ini berfokus pada perancangan sebuah simulator manajemen dari investasi dalam industri biodiesel Indonesia, Simulator ini menyediakan laporan dalam bentuk arus kas, diagram, dan grafik yang dapat membantu meningkatkan pemahaman pengguna dalam pengambilan keputusan investasi dalam industri biodiesel. Poin pembelajaran dari simulator ini adalah pemahaman yang lebih baik dari beberapa variabel dan keputusan yang mempunyai dampak serius terhadap keberlanjutan investasi. Kompleksitas dan hubungan antar variabel dimodelkan menggunakan model sistem dinamis dari industri biodiesel. Simulator ini mensimulasikan seorang investor yang ingin menanmkan modal di industri biodiesel dengan beberapa pilihan keputusan. Simulator ini diujikan ke beberpa orang mahasiswa dan hasilnya simulator ini dapat mendukung dan meningkatkan pemahaman mereka tentang tantangan dalam pengembangan industri biodiesel.

This research was focused on designing a management simulator of investment in Indonesian Biodiesel Industry. This simulator provides output reports of cash flow, diagrams and graphs that can enhance the user understanding in making a decision for investing their capital in the Biodiesel Industry. The learning points of this simulator are better understanding about several variables and decisions that have serious impact in the investment continuity. The complexity of the investment and relationship between variables was modelled by System Dynamic Model of Biodiesel Industry. This game simulates an investor who wants to invest his/her capital in Biodiesel Industry with several decisions that could affects the feasibility of investment, such as land types and pricing policy. The simulation game was tested to a group of students. The result shows that the game can support and enhance the students understanding the challenge of developing biodiesel production.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S847
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xv, 84 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S847 14-22-38552808 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20285450