:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Analisis pengaruh sumber pendanaan internal dan eksternal terhadap kemampuan perusahaan keluarga berinvestasi = Analysis of the effect of internal and external financing in family firm investment

Utami Aria Puteri; Ancella Anitawati Hermawan, supervisor; Eko Rizkianto, examiner; Siregar, Sylvia Veronica Nalurita Purnama, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Tujuan dari tesis ini adalah untuk menganalisis pengaruh sumber pendanaan internal dan eksternal terhadap kemampuan perusahaan yang dimiliki dan dikendalikan oleh keluarga dalam berinvestasi. Sumber pendanaan internal yang digunakan dalam penelitian ini berupa tingkat profitabilitas dan arus kas dari aktivitas operasi, selain itu digunakan pula dividend payout ratio (DPR) sebagai faktor yang dapat membatasi penggunaan sumber dana internal untuk mendanai investasi. Sedangkan sumber pendanaan eksternal yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat leverage. Dalam penelitian ini digunakan regresi berganda terhadap 190 perusahaan keluarga yang terdaftar pada BEI periode 2009.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa tingkat profitabilitas dan dividend payout ratio (DPR) tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan perusahaan berinvestasi, sedangkan arus kas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan marjinal terhadap kemampuan perusahaan keluarga berinvestasi, dan tingkat leverage memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kemampuan perusahaan yang dimiliki dan dikendalikan oleh keluarga dalam berinvestasi.

The objective of this thesis is to analyze the effect of internal and external financing to the investing capability of family firm. Internal financing that have been used in this research are profit and cash flow from operating activities, with dividend payout ratio used as internal financing constraint in investment. Leverage ratio was used as external financing. This research uses multiple regressions to a sample of 190 family firms listed in BEI by 2009.
The result shows that there is no effect of profit and dividend payout ratio (DPR) to the firm?s investment capacity. However, the effect of cash flow from operating activity is positive and marginally significant and the effect of leverage is negative and significant to the investment capacity of family firms.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T29491
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 74 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T29491 15-18-149815879 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20285537