:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran kebingunan identitas Gender dan dinamikannya pada individu interseksual; Penghayatan psikologis sebelum dan sesudah operasi

Sintia Maharani Saputri; Elizabeth Kristi Poerwandari, supervisor; Yudiana Ratnasari, examiner; Rini Hildayani, examiner ([Publisher not identified] , 2010)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kebingunganidentitas gender yang dialami oleh individu interseksual, meliputi penghayatan dankonflik identitas peran gender sebelum dan setelah operasi. Peneliti menggunakanmetode kualitatif untuk memperoleh gambaran mendalam pada penderita interseksualyang baru menyadari kelainan yang dideritanya ketika telah dewasa. Penelitimemfokuskan subjek penelitian hanya pada penderita male pseudohermaphrodite.Kurangnya pengetahuan mengenai kelainan ini, menyebabkan orang tua tidakmemeriksakan bayi mereka lebih lanjut, meskipun, telah meilhat kelainan padabentuk alat kelaminnya. Oleh karena itu, individu yang menderita malepseudohermaphrodite sebagian besar ditetapkan sebagai perempuan ketikakelahirannya. Dinamika konflik yang dirasakan penderita male pseudohermaphroditedimulai ketika masa kanak-kanak, dimana anak terlihat sangat tomboy dan bertingkahlaku berbeda dengan teman-temannya. Konflik yang lebih besar muncul ketikamemasuki masa pubertas. Puncaknya ketika anak yang ditetapkan sebagai perempuantidak mengalami menstruasi. Penderita male pseudohermaphrodite pun mulaimempertanyakan identitas gender yang dimilikinya. Selain itu, akan dilihat pulakonflik ketika proses pengambilan keputusan untuk melakukan operasi penyesuaianjenis kelamin. Hal itu berdampak pada status yang dipilih dan akan dijalani dalammasyarakat. Biaya operasi yang mahal pun menjadi pertimbangan bagi individuinterseksual untuk melakukan operasi. Bahkan, individu interseksual yang telahmenikah harus menghadapi masalah ketidaksuburan yang berkaitan dengan kepuasanpernikahan yang dijalaninya.

 File Digital: 1

Shelf
 S3568-Sintia Maharani Saputri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S3568
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 126 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3568 14-19-975097212 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20285947