:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Atribut yang dominan dalam kartu kredit Diners Club (Sebagai hasil kegiatan positioning)

Bernadette S. Wahyu H.; Pinckey Triputra, supervisor; Martini B. Mangkoedipoero, supervisor ([Publisher not identified] , 1990)

 Abstrak

Atribut-atribut produk dapat dijadikan sebagai atribut produk dari suatu merk tertentu, jika atributatribut tersebut merupakan keistimewaan yang ditawarkan oleh merk tersebut. Atribut atau ciri yang melekat pada produk merupakan hal yang akan disampaikan dan ditawarkan kepada konsumen oleh produsen produk tersebut melalui kegiatan posi tioningnya. Tidak semua atribut yang melekat pada produk ditawarkan oleh produsen melalui kegiatan komunikasi periklanannya. Melainkan atribut-atribut yang dianggap produsen merupakan kelebihan yang dimiliki merk produknya dibandingkan dengan merek lain dari jenis produk yang sama. Hal ini berkaitan dengan usaha yang dilakukan ol eh produsen dalam menempatkan merknya kedaiam benak konsumen pada suatu posisi tertentu. Ternyata dari sekian banyak atribut-atribut yang ditawarkan oleh suatu merk hanya beberapa atribut saja yang dapat diterima konsumen, sehingga konsumen memilih merk tersebut. Atribut-atribut yang dipilih adalah atribut-atribut yang dianggap penting oleh konsumen. Atribut-atribut yang dianggap penting oleh konsumen inilah yang dikatakan sebagai atribut-atribut yang dominan. Melalui perhitungan statistik Analisis Faktor , atribut-atribut tersebut disederhanakan menjadi beberapa dimensi. Setiap dimensi terdiri dari variasi kelompok atribut yang berbeda sesuai dengan latar belakang -faktor demogra-fi dan psikograti konsumen- Dengan demikian dapat di ketahui persepsi konsumen tentang atribut-atribut yang dominan dari merk tersebut yaitu merek Diners Club. Kartu Kredit di Indonesia merupakan produk yang lebih dikenal di kota-kota besar. Terdapat berbagai mer k kartu kredit yang terbit di Indonesia. Pada dasarnya tidak terdapat banyak perbedaan antara merek kartu kredit yang satu dengan yang lainnya disebabkan -fungsi dasar kartu kredit adalah sama yaitu pengganti alat pembayaran secara tunai - Penu1 i s t er t ari k un t u k meneliti atribut-atribut yang dominan dalam kartu kredit Diners Club karena mer k Diners Club merupakan kartu kredit yang tidak murni - Daiam arti , kartu Diners Club merupakan satu-satunya "Charge Card" yaitu pembayaran harus dilakukan secara sekal i gus jika dilakukan penagihan. Tidak seperti merk kartu kredit lain yang memperbolehkan pembayaran secara berangsur dengan dikenakan bunga. Tetapi keistimewaan merek Diners Club yang hanya mengeluarkan satu jenis kartu yaitu kartu platinum juga mempengaruhi persepsi konsumen dalam menentukan atribut yang dominan dalam kartu kredit Oleh sebab itu atribut kredit tak terbatas dan prestis merupakan atribut-atribut yang selalu muncul dalam setiap dimensi. Hasi 1 peneli tian juga menunjukkan bahwa kecenderungan . gaya hidup konsumen adalah gaya hidup orientasi diri yaitu gaya hidup yang mementingkan kepentingan pribadinya. Sedangkan Keperibadian konsumen cenderung kearah kepribadian aktif.

 File Digital: 1

Shelf
 S3733-Bernadette S. Wahyu H..pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 120 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-415161273 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286321