:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Dukungan sosial yang dibutuhkan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS)

Suryantini B. Chatib; Siti Chasanah A. Machdi, supervisor; Jeanette Retnasanti Suwantara, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Saat ini, jumlah individu yang terinfeksi HIV atau Odha (Orang dengan HIV/AIDS) di Indonesia sudah semakin meningkat karena itu diperlukan penanganan kebutuhan-kebutuhan psikologis yang muncul. Mengetahui telah terinfeksi virus yang belum ditemukan obatnya tentu saja menimbulkan beban bagi Odha Harga obat-obatan yang mahal, perjalanan penyakit yang terkadang membaik dan terkadang memburuk serta sikap masyarakat yang diskriminatif membuat stres yang dialami Odha semakin berat. Faktor yang banyak berperan dalam proses stres adalah dukungan sosial, karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran dukungan sosial yang dibutuhkan Odha untuk menangani stresnya.
Metode penelitian yang akan digunakan adalah metodologi kualitatif yang memungkinkan peneliti mempelajari isu-isu tertentu secara lebih mendalam dan mendetail. Dengan demikian lebih dapat menggambarkan dinamika psikologis yang terjadi. Teknik yang digunakan adalah wawancara dengan pertanyaan tak terstruktur dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka serta teknik observasi.
Dari hasil wawancara dan observasi dengan 3 orang Odha yang sudah tahap AIDS diketahui sumber-sumber stres pada Odha adalah: sikap diskriminatif dari masyarakat; harga obat-obatan yang mahal; komentar-komentar dari lingkungan yang mengabaikan perasaannya; perubahan-perubahan fisik; perjalanan penyakit; ketakutan telah atau akan menularkan virus ke orang lain; slogan-slogan kampanye AIDS yang kurang tepat; perubahan-perubahan yang teljadi karena status HIV.
Hasil penelitian juga menunjukkan subyek membutuhkan semua bentuk dukungan sosial, yaitu dukungan emosional, dukungan informasi, dukungan instrumental, dukungan penghargaan dan dukungan integrasi sosial. Sumber dukungan sosial yang berarti adalah dokter, keluarga serta relawan AIDS.
Penelitian ini bisa dianggap sebagai studi awal dari penelitian tentang Odha, karena itu masih diperlukan penelitian-penelitian yang lebih mendalam. Misalnya penelitian yang membahas sumber-sumber stres secara lebih spesifik, meningkatkan jumlah subyek sehingga dapat lebih menggeneralisasikan hasil penelitian serta mencakup subyek yang masih dalam tahap tanpa gejala.

 File Digital: 1

Shelf
 S2426-Suryantini B. Chatib.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S2426
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 156 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2426 14-19-644924087 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286614