Pengaruh tampilan iklan cetak vertical split, dominan kata, dan dominan gambar terhadap brand awareness
Tiktik Martika;
Anggadewi Moesono, supervisor; Corina D.S. Riantoputra, supervisor
([Publisher not identified]
, 1999)
|
ABSTRAK Tujuan penelitian inl adalah untuk mengetahul apakah tampilan iklan cetak vertical splitlebih berpengaruh dibandingkan tampilan iklan cetak dominan kata dan tampilan iklancetak dominan gambar terhadap brand awareness. Pemlllhan pokok permasalahandilandasi oleh perbedaan pendapat dari 3 orang ahli perlklanan mengenal bentuk tampilaniklan cetak yang seperti apakah yang lebih efektif menyampalkan pesan bagi produkkosmetik perawatan. Menurut Wright (1977) iklan cetak yang lebih menekankan unsurgambar mampu membuat calon pembeli mengenali produk dengan cepat, sementaraNorris (1984) berpendapat bahwa pesan iklan cetak yang lebih banyak disampaikandengan kata-kata dapat membuat orang yang membaca mengetahui apa yang dijual olehsuatu produk, sedangkan Darmon & Laroche (1991) mengatakan bahwa iklan cetak lebihefektif Jlka dibuat dalam bentuk yang menonjolkan kedua unsumya (kata-gambar) denganproporsional dan berlaku bagi semua macam produk.Wlelalul metode accidental sampling, subyek sebanyak 90 orang (45 laki-laki dan 45perenripuan) dengan usia subyek berkisar antara 14-19 tahun dillbatkan sebagal sampelpenelitian. Data mengenai brand awareness diperoleh melalui skor brand recall yang diujidengan Brand Recall Test. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh ketiga varlasi tampilaniklan cetak terhadap brand awareness dilakukan pengujian dengan F Test. Anallsaterhadap data pendukung lalnnya dilakukan dengan prosentase.Hasil utama penelitian Ini yaitu tampilan iklan cetak vertical split tidak lebih berpengaruhdibandingkan tampilan iklan cetak dominan kata dan tampilan iklan cetak dominan gambarterhadap brand awewess. Hasil lain yang diperoleh yaitu kelompok subyek yang disajikaniklan cetak dengan tampilan dominan kata memperoleh skor rata-rata me-reea// yanglebih tinggi dibandingkan kelompok subyek yang disajikan Iklan cetak dengan tampilanvertical split dan tampilan Iklan cetak dominan gambar. Sedangkan kelompok subyekyang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan gambar memperoleh skor rata-ratavne-recall yang lebih rendah dibandingkan kelompok subyek yang disajikan iklan cetakdengan tampilan dominan kata dan vertical split. Dari penelitian ini diketahui pula bahwa informasi yang diletakkan pada bagian kanan-atas dan kanan-bawah dari halaman kertaslebih banyak diingat oleh pembaca. Selain letak, Informasi yang dibuat dalam ukuran leblhbesar dibandlngkan Informasi lalnnya ternyata lebih mudah diingat oleh pembaca.Penelitian inl menunjukkan has!! yang berbeda dengan pendapat Darmon dan Laroche(1991). Ternyata Iklan cetak dengan tampilan vertical split belum tentu akan lebih baikdibandingkan iklan cetak dengan tampilan dominan gambar dan domlnan kata dalammenyampaikan pesan bagi semua macam produk. Saran yang dapat diberikan melalulpenelitian ini adalah apablla ingin melakukan penelitian serupa petlu kiranyadipertimbangkan untuk dllakukan penyetaraan kemampuan/keblasaan tertentu yangdimlliki oleh setiap orang dalam melihat/membaca suatu iWan cetak (terbiasa leblhmemllih melihat unsur gambar atau unsur kata) sebelum ditetapkan sebagal sampelpenelitian. Bilamana ingin mengetahui iebih jauh tentang brand awareness seseorangdalam menerlma iklan cetak, lebih baik kiranya diiakukan pembandlngan antara hasil tesbrand recall dan hasil tes brand recognition secara bersamaan pada saat itu juga. |
S2435-Tiktik Martika.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S2435 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 56 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2435 | 14-18-494940279 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286621 |