Full Description
Cataloguing Source | LibUI ind rda |
Content Type | text (rdacontent) |
Media Type | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
Carrier Type | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
Physical Description | ix, 56 pages ; 28 cm + appendix |
Concise Text | |
Holding Institution | Universitas Indonesia |
Location | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Availability
- Digital Files: 1
- Review
- Cover
- Abstract
Call Number | Barcode Number | Availability |
---|---|---|
S2435 | 14-18-494940279 | TERSEDIA |
No review available for this collection: 20286621 |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian inl adalah untuk mengetahul apakah tampilan iklan cetak vertical split lebih berpengaruh dibandingkan tampilan iklan cetak dominan kata dan tampilan iklan cetak dominan gambar terhadap brand awareness. Pemlllhan pokok permasalahan dilandasi oleh perbedaan pendapat dari 3 orang ahli perlklanan mengenal bentuk tampilan iklan cetak yang seperti apakah yang lebih efektif menyampalkan pesan bagi produk kosmetik perawatan. Menurut Wright (1977) iklan cetak yang lebih menekankan unsur gambar mampu membuat calon pembeli mengenali produk dengan cepat, sementara Norris (1984) berpendapat bahwa pesan iklan cetak yang lebih banyak disampaikan dengan kata-kata dapat membuat orang yang membaca mengetahui apa yang dijual oleh suatu produk, sedangkan Darmon & Laroche (1991) mengatakan bahwa iklan cetak lebih efektif Jlka dibuat dalam bentuk yang menonjolkan kedua unsumya (kata-gambar) dengan proporsional dan berlaku bagi semua macam produk.
Wlelalul metode accidental sampling, subyek sebanyak 90 orang (45 laki-laki dan 45 perenripuan) dengan usia subyek berkisar antara 14-19 tahun dillbatkan sebagal sampel penelitian. Data mengenai brand awareness diperoleh melalui skor brand recall yang diuji dengan Brand Recall Test. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh ketiga varlasi tampilan iklan cetak terhadap brand awareness dilakukan pengujian dengan F Test. Anallsa terhadap data pendukung lalnnya dilakukan dengan prosentase.
Hasil utama penelitian Ini yaitu tampilan iklan cetak vertical split tidak lebih berpengaruh dibandingkan tampilan iklan cetak dominan kata dan tampilan iklan cetak dominan gambar terhadap brand awewess. Hasil lain yang diperoleh yaitu kelompok subyek yang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan kata memperoleh skor rata-rata me-reea// yang lebih tinggi dibandingkan kelompok subyek yang disajikan Iklan cetak dengan tampilan vertical split dan tampilan Iklan cetak dominan gambar. Sedangkan kelompok subyek yang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan gambar memperoleh skor rata-rata vne-recall yang lebih rendah dibandingkan kelompok subyek yang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan kata dan vertical split. Dari penelitian ini diketahui pula bahwa informasi yang diletakkan pada bagian kanan-atas dan kanan-bawah dari halaman kertas lebih banyak diingat oleh pembaca. Selain letak, Informasi yang dibuat dalam ukuran leblh besar dibandlngkan Informasi lalnnya ternyata lebih mudah diingat oleh pembaca.
Penelitian inl menunjukkan has!! yang berbeda dengan pendapat Darmon dan Laroche (1991). Ternyata Iklan cetak dengan tampilan vertical split belum tentu akan lebih baik dibandingkan iklan cetak dengan tampilan dominan gambar dan domlnan kata dalam menyampaikan pesan bagi semua macam produk. Saran yang dapat diberikan melalul penelitian ini adalah apablla ingin melakukan penelitian serupa petlu kiranya dipertimbangkan untuk dllakukan penyetaraan kemampuan/keblasaan tertentu yang dimlliki oleh setiap orang dalam melihat/membaca suatu iWan cetak (terbiasa leblh memllih melihat unsur gambar atau unsur kata) sebelum ditetapkan sebagal sampel penelitian. Bilamana ingin mengetahui iebih jauh tentang brand awareness seseorang dalam menerlma iklan cetak, lebih baik kiranya diiakukan pembandlngan antara hasil tes brand recall dan hasil tes brand recognition secara bersamaan pada saat itu juga.
Tujuan penelitian inl adalah untuk mengetahul apakah tampilan iklan cetak vertical split lebih berpengaruh dibandingkan tampilan iklan cetak dominan kata dan tampilan iklan cetak dominan gambar terhadap brand awareness. Pemlllhan pokok permasalahan dilandasi oleh perbedaan pendapat dari 3 orang ahli perlklanan mengenal bentuk tampilan iklan cetak yang seperti apakah yang lebih efektif menyampalkan pesan bagi produk kosmetik perawatan. Menurut Wright (1977) iklan cetak yang lebih menekankan unsur gambar mampu membuat calon pembeli mengenali produk dengan cepat, sementara Norris (1984) berpendapat bahwa pesan iklan cetak yang lebih banyak disampaikan dengan kata-kata dapat membuat orang yang membaca mengetahui apa yang dijual oleh suatu produk, sedangkan Darmon & Laroche (1991) mengatakan bahwa iklan cetak lebih efektif Jlka dibuat dalam bentuk yang menonjolkan kedua unsumya (kata-gambar) dengan proporsional dan berlaku bagi semua macam produk.
Wlelalul metode accidental sampling, subyek sebanyak 90 orang (45 laki-laki dan 45 perenripuan) dengan usia subyek berkisar antara 14-19 tahun dillbatkan sebagal sampel penelitian. Data mengenai brand awareness diperoleh melalui skor brand recall yang diuji dengan Brand Recall Test. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh ketiga varlasi tampilan iklan cetak terhadap brand awareness dilakukan pengujian dengan F Test. Anallsa terhadap data pendukung lalnnya dilakukan dengan prosentase.
Hasil utama penelitian Ini yaitu tampilan iklan cetak vertical split tidak lebih berpengaruh dibandingkan tampilan iklan cetak dominan kata dan tampilan iklan cetak dominan gambar terhadap brand awewess. Hasil lain yang diperoleh yaitu kelompok subyek yang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan kata memperoleh skor rata-rata me-reea// yang lebih tinggi dibandingkan kelompok subyek yang disajikan Iklan cetak dengan tampilan vertical split dan tampilan Iklan cetak dominan gambar. Sedangkan kelompok subyek yang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan gambar memperoleh skor rata-rata vne-recall yang lebih rendah dibandingkan kelompok subyek yang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan kata dan vertical split. Dari penelitian ini diketahui pula bahwa informasi yang diletakkan pada bagian kanan-atas dan kanan-bawah dari halaman kertas lebih banyak diingat oleh pembaca. Selain letak, Informasi yang dibuat dalam ukuran leblh besar dibandlngkan Informasi lalnnya ternyata lebih mudah diingat oleh pembaca.
Penelitian inl menunjukkan has!! yang berbeda dengan pendapat Darmon dan Laroche (1991). Ternyata Iklan cetak dengan tampilan vertical split belum tentu akan lebih baik dibandingkan iklan cetak dengan tampilan dominan gambar dan domlnan kata dalam menyampaikan pesan bagi semua macam produk. Saran yang dapat diberikan melalul penelitian ini adalah apablla ingin melakukan penelitian serupa petlu kiranya dipertimbangkan untuk dllakukan penyetaraan kemampuan/keblasaan tertentu yang dimlliki oleh setiap orang dalam melihat/membaca suatu iWan cetak (terbiasa leblh memllih melihat unsur gambar atau unsur kata) sebelum ditetapkan sebagal sampel penelitian. Bilamana ingin mengetahui iebih jauh tentang brand awareness seseorang dalam menerlma iklan cetak, lebih baik kiranya diiakukan pembandlngan antara hasil tes brand recall dan hasil tes brand recognition secara bersamaan pada saat itu juga.