Learning Pattern Siswa-siswi SLTA berkemampuan tinggi pada Learner Controlled Task; hubungannya dengan Locus of Control dan pengetahuan terdahulu
Reny Wiriandhani;
Sri Hartati Dewi Reksodiputro, supervisor; Ilsiana Jatiputra, examiner
([Publisher not identified]
, 1995)
|
ABSTRAK Learner controlled task merupakan tugas yang memberi kebebasan penuh padasiswa untuk mengontrol beberapa dimensi yang ada pada tugas tersebut seperti misalnyaurutan pengerjaan, content, atau lama pengexjaan. Dalam tugas yang demikian siswahams mampu mengontrol dan mengarahkan sendiri kegiatan belajamya, karena tidakada aturan yang baku mengenai cara pengerjaannya. Asumsi dasar penyusunan tugasini adalah agar siswa menjadi meningkat motivasi dan prestasi belajarnya berkaitandengan kebebasan yang diberikan pada mereka. Namun pada kenyataannya beberapasiswa justru menjadi terhambat dan tidak terarah belajarnya, karena tidak dapatmemanfaatkan dengan balk fasilitas-fasilitas yang tersedia. Apakah sebenarnya yangmenyebabkan sebagian siswa berhasil menyelesaikan learner controlled task sementarasiswa Iainnya tidak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjawab pertanyaanini adalah dengan menganalisa proses penelusuran infonnasi yang dilakukan oleh siswadalam menjalankan tugasnya (oleh Suradiono (1993) disebut sebagai learning pattern)dan menelaah faktor-faktor yang diperkirakan turut mempengaruhi kegagalan tersebut,seperti misainya locus of control (LOC) dan pengetahuan terdahulu. Dan secara khususpenelitian ini difokuskan pada sampel siswa SLTA berkemampuan umum tinggi danberusia 16-17 tahun.Demikianlah, secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Iearn-ing pattern yang muncul pada siswa-siswa SLTA dengan taraf kemampuan umum tinggipada learner controlled task. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menelaahfaktor-faktor yang menyebabkan kegagalan siswa dalam memanfaatkan kebebasan yangdiberikan pada mereka, dengan mengetahui bagaimana hubungan LOC dengan Iearn-ing pattern, hubungan learning pattern dengan pengetahuan terdahulu, serta denganmengidentifikasi alasan-alasan siswa dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia padaunit pembelajaran.Berkaitan dengan tujuan di atas maka penelitian ini dilakukan dengan melibatkan30 orang siswa salah sebuah SLTA di Jakarta. Kepada mereka diberikan satu unitpembelajaran yang sifatnya leamer controlled. Agar dapat ditelusuri proses kognitif yangterjadi selama proses belajar berlangsung maka mereka diminta untuk mengungkapkansemua yang ada dalam pikirannya selama mengerjakan tugas tersebut. Metode ini dikenalsebagai metode think-aloud (berpikir keras). Sebelum penelitian dimulai diberikan latihanberpikir keras dan diberikan tes yang mengukur pengetahuan terdahulu mereka. Seluruhjalannya penelitian direkam secara audio. Dan hasil yang diperoleh dianalisis secarakualltatif melalui protokol berpikir keras dari masing-masing siswa. Sedangkan alat ukurLOC yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Children's Nowicki-Strickland Inter-nal External Control.Penelitian ini berhasil mengidentifikasi 5 macam learning pattern. Pola I - IVmenggambarkan keteraturan pengerjaan tugas dan penelusuran informasi, sementarapola V menunjukkan tidak teraturnya alur penelusuran informasi yang dilakukan olehsiswa. Dalam penelitian ini hanya satu orang siswa yang menampilkan pola V. Sedangkanhubungan antara learning patternm dengan LOC dan dengan pengetahuan terdahulu tidakterlalu tampak dalam penelitian ini. Namun demikian dad hasil yang diperoleh secara umum dapat disimpulkan bahwa para siswa SLTA berkemampuan umum tinggi padapenelitian ini telah siap dan mampu mengarahkan dengan baik proses belajarnya apabilamereka dihadapkan pada tugas yang sifatnya memberi kebebasan pada mereka untukmengontrolnya.Penelitian lanjutan kiranya dapat dilakukan dengan menggunakan sampel yanglebih banyak, berkemampuan umum rata-rata dan bukan berasal dari sekolah yangtergolong baik. Selain itu materi pelajaran yang disajikan pun hendaknya lebih disesuaikandengan kebutuhan siswa pada umumnya. |
S2443-Reny Wiriandhani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S2443 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 125 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2443 | 14-18-025376607 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286628 |