ABSTRAK Berdasarkan data statistik Fakultas Psikologi UI, jumlah mahasiswa angkatan1995 yang memiliki indeks prestasi (IP) < 2.0 menunjukkan angka yang tidak sedikit.Pada akhir tahun ajaran pertama mereka, tercatat 5 mahasiswa yang drop out dari 101mahasiswa. Jumlah ini termasuk besar bila dibandingkan dengan angkatan sebelumnya(1994) yang tidak memiliki mahasiswa drop out pada akhir tahun pertama. Hal inisangat disayangkan mengingat bahwa pada dasarnya mahasiswa yang diterima diFakultas Psikologi UI secara umum dapat dikatakan mahasiswa yang memiliki potensikarena sudah lulus saringan UMPTN. Mengapa mahasiswa yang berpotensi ini tidakdapat berprestasi secara optimal ?. Berdasarkan studi Winkel (1983) serta Crow & Crow (1984), faktor-faktoryang mempengaruhi prestasi akademis seseorang dapal dikelompokkan menjadi dua,yaitu kelompok faktor yang berasal dari dalam siswa dan kelompok faktor yangberasal dari luar siswa. Faktor yang berasal dari dalam diri siswa antara lain: kondisijasmani, kondisi kesehatan, inteligensi, kepribadian, minat, motivasi, gaya belajar,kebiasaan belajar dan keadaan emosi. Faktor yang berasal dari luar diri siswa antaralain: situasi keadaan sosio-ekonomi dan kultural, kurikulum pelajaran, disiplin sekolah,fasilitas belajar, faktor sosial di sekolah dan faktor-faktor situasional lainnya.Diantara faktor-faktor di atas, salah satu faktor yang diketahui berhubungansecara signifikan dengan prestasi belajar adalah inteligensi (Enlwislle, !9S3). Selainitu, Howe (1986) mengungkapkan kurangnya pelatihan dalam belajar (gaya belajar)sebagai faktor yang memberikan sumbangan yang terbesar bila dibandingkam denganfaktor-faktor lainnya. Hal ini didukung oleh hasil percobaan Pask (Entwistle, l983)yang rnembuktikan bahwa mahasiswa dengun gaya belajar yang sesuai dengan mana kuliah dapat menjawab hampir semua pertanyaan tentang apa saja yang telah merekapelajari.Sclain itu, lingkungan perguruan tinggi memiliki tuntutan yang berbeda denganlingkungan SMU. Penyesuaian diri terhadap perubahan yang tiba-tiba dari carapengajaran serta lingkungan sekolah menengah ke perguruan tinggi ini menuntutmahasiswa untuk mencari dan mengadaptasikan strategi / gaya belajar yang baru yanglebih sesuai.Butterweck (Howe, 1986) dalam penelitiannya mengenai masalah-masalahyang terkait dengan belajar, mencatat bahwa ketidakberhasilan mahasiswa tingkat Idalam kegiatan belajarnya sebagian besar dikarenakan mereka tidak mempunyai tujuanakhir yang ingin dicapai, sedikit membaca, tidak mencatat kuliah dengan baik dangagal menyesuaikan diri dengan tuntutan tugas (dengan kata Iain karena strategi dancara belajarnya yang buruk). Sedangkan mahasiswa yang sukses biasanya terbiasabelajar dengan baik dan mengikuti tehnik / strategi belajar yang dianggap sesuai bagimereka sendiri.Penelitian ini berusaha melihat seperti apa gambaran gaya belajar mahasiswaPsikologi angkatan 1995 Serta melihat hubungan antara gaya belajar dengan prestasibelajar mahasiswa (da1am hal ini nilai yang didapat untuk mata kuliah Psikologi Umum1, Statistik 1, Filsafat Umum dan Indeks Prestasi Semester 1). Dari populasi mahasiswa Psikologi UI angkatan 1995 didapat 52 subyekpenelitian yang bersedia mengikuti penelitian dan memenuhi persyaratan (skor APMminimal rata-rata). Dari penelitian yang dilakukan didapat bahwa 46.2% subyekpenelitian menggunakan gaya belajar divergen. 32.7% menggunakan gaya belajarakomodasi, 19.2% menggunakan gaya belajar konvergen dan 1.9% menggunakangaya belajar assimilasi. Meskipun dominan dipakai oleh subyek penelitian, gayabelajar divergen dan akomodasi tidak selalu menjamin diperolehnya nilai yang tinggiuntuk nilai mata kuliah yang diukur. Kecenderungan yang terlihat adalah frekuensinilai terbanyak jatuh pada nilai C (untuk mata kuliah Psikologi Umum 1 dan Statistik1), sedangkan untuk mata kuliah Filsafat Umum frekuensi nilai terbanyak adalah padanilai B.Dari penghitungan korelasi, didapat hasil yang tidak signifikan sehingga semuahipotesa kerja diterima. Dengan demikian tidak ada hulmungan yang signifikan antaragaya belajar yang digunakan oleh mahasiswa Psikologi UI angkatan 1995 dengan nilaiyang mereka dapat untuk mata kuliah Psikologi Umum 1. Statistik I. Filsafat Umumdan lndeks Prestasi Semester I. |