Harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga (Penelitian deskriptif pada sejumlah masyarakat pengguna jasa pelayanan kesehatan di tiga tempat pelayanan di Jakarta)
Meutia Prima Dara;
Dradjat Setio Soemitro, supervisor; Subyakto Atmosiswoyo, supervisor
([Publisher not identified]
, 1998)
|
ABSTRAK Saat ini Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali mengembangkan pelayanan dokterkeluarga. Walaupun sudah berkali-kali dicoba untuk dikembangkan, tetap sajapelayanan dokter keluarga belum dikenal masyarakat sampai saat ini. Hal inimenyebabkan timbul dugaan bahwa pelayanan dokter keluarga tidak sesuai denganharapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Apalagi kehidupan di kotabesar dimana individu tidak terbiasa membina komunikasi secara mendalam, sangatmementingkan privacy dan tidak ingin orang lain mengetahui masalah pribadi(Milgram dalam Pines dan Maslach, 1993) dianggap tidak mendulcung pelayanandokter keluarga.Penelitian ini mencoba menggambarkan rnengenai harapan masyarakat Jakartaterhadap pelayanan kesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga, danselanjutnya mengggambarkan karakteristik mana dalam pelayanan dokter keluargayang dianggap paling sesuai dengan harapan masyarakat terhadap pelayanankesehatan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalammemasyarakatkan pelayanan dokter keluarga.Sampel penelitian ini adalah 98 orang pengguna jasa pelayanan kesehatan diJakarta, yang diperoleh melalui tehnik accidental sampling (Guilford & Fruchter,1987). Alat yang digunakan yaitu kuesioner yang mengukur harapan terhadappelayanan kesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga. Perhitunganstatistik dilakukan dengan mencari skor total, persentase dan chi-kuadrat.Berdasarkan skor totalnya, responden dibagi dalam kelompok responden yangmemiliki kesesuaian harapan yang rendah, sedang dan tinggi.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa harapan masyarakat terhadap pelayanankesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga adalah tinggi. Adapun karakteristik pelayanan dokter keluarga yang dianggap paling sesuai denganharapan masyarakat adalah pelayanan yang bersifat manusiawi.Hal ini dapat menjadi masukan bagi pihak IDI yang sedang mengembangkanpelayanan dokter keluarga. Diperkirakan pelayanan dokter keluarga dapat berhasilkarena karakteristik pelayanannya sesuai dengan harapan masyarakat. Bila inginmengenalkan pelayanan dokter keluarga disarankan untuk menekankan padakarakteristik pelayanan yang bersifat manusiawi. |
S2496-Meutia Prima Dara.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S2496 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | iii, 68 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2496 | 14-18-301134593 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286674 |