Pengaruh metode belajar kolaboratif terhadap harga diri akademis anak usia 15-18 tahun (Studi terhadap 15 siswa kelas 1 SMU Dian Ilmu)
Rahmi;
Sri Hartati Dewi Reksodiputro, supervisor; Derry Busriati, supervisor
([Publisher not identified]
, 1998)
|
ABSTRAK Harga diri akademis memainkan peran penting di dalamprestasi akademis. Hubungan antara harga diri akademisdengan prestasi akadamis bersifat resiprok. Artinya anakyang berprastasi di sekolah akan mengembangkan harga diriakademis yang tinggi dan anak yang memiliki harga diriakademis yang tinggi memiliki kepercayaan diri untuk menca-pai kesuksesan. Sebagai akibatnya harga diri akademis yangtinggi akan menghasilkan prestasi akademis yang baik. Hargadiri akademis berkembang sebagai hasil interaksi denganorang-orang yang bermakna di dalam kehidupan individu.Setelah memasuki usia sekolah guru dan taman sebaya mempan-garuhi persepsi anak terhadap dirinya. Di dalam kelas tradi-sional, guru berperan sebagai otoritas tunggal dalam halmenentukan hegiatan belajar dan penyampaian pengetahuan. Halini menyebabkan anak didik menjadi pasif dan kurang mendapatpengalaman belajar yang menarik. Untuk itu perlu diadakanperubahan metode mengajar agar siswa tertantang untuk bela-jar dan memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan.Banyak ahli yang menawarkan Metode Belajar Kolaboratifsebagai satu metode belajar yang akan memberi dampak positifpada pembelajaran siswa. Metode Belajar Kolaboratif memberisiswa kesempatan untuk saling berbagi pengetahuan, keteram-pilan dan tanggung jawab di antara siswa sendiri maupundengan guru. Situasi belajar kolaboratif memungkinkan siswauntuk terlibat aktif di dalam pengkonstruksian pengetahuandan mempeouleh pengalaman berhasil mengerjakan suatu tugas.Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar danmengembangkan rasa kompeten di dalam dirinya.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh MetodeBelajar Kolaboratif terhadap harga diri akademis anak usia15-18 tahun. Subyek penelitian adalah 15 anak usia 15-18tahun yang berada pada tahap perkembangan formal operasio-nal. Mereka adalah siswa kelas I SMU Islam Dian Ilmu. Untukmengetahui apakah metode belajar kolaboratif mempengaruhiharga diri akademis subyek, sebelum dan sesudah mengikutikegiatan belajar kolaboratif subyek diminta untuk mengisiSkala Harga Diri Akademis. Gain Scare diolah dengan teknikstatistik non parametrik.Dari penelitian diperoleh hasil bahwa Metode BelajarKolaboratif tidak berpengaruh secara signifikan terhadapharga diri akademis subyak. Secara keseluruhan tidak adapeningkatan skor karena pengaruh metode belajar kolaboratiftetapi dengan melihat skor harga diri akademis masing-masingsubyek terlihat adanya peningkatan skor yang dihubungkandengan jumlah sessi kehadiran subyek. Subyek yang selaluhadir memperoleh kesempatan untuk mengkunstruksi pengetahuandan saling memberi penjelasan. Hal ini berpengaruh terhadappeningkatan harga diriakademis. Sedangkan subyek yang tidakmengikuti keseluruhan kegiatan belajar kolaboratif tidakmemperoleh keterampilan-keterampilan yang akan menimbulkanperasaan kpmpeten di bidang akademis. Selain itu diperolehhasil bahwa kehadiran subyek di dalam kegiatan belajarkolaboratif tidak akan meningkatkan harga diri akademis bilasubyek tidak terlibat aktif di dalamnya misalnya hanyamemainkan peran sebagai pencatat.Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalammemberikan sumbangan-sumbangan teoritis bagi peneliti lainyang ingin melakukan penelitian mengenai harga diri akademisterutama di dalam situasi belajar yang menggunakan MetodeBelajar Kolaboratif. Dari segi praktis, diharapkan hasilpenelitian ini memberikan informasi khususnya bagi gurumengenai Metode Belajar Kolaboratif agar guru dapatmenciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan anak akantermotivasi untuk belajar. Dengan demikian mereka menunjuk-kan prestasinya secara optimal. |
![]()
|
No. Panggil : | S2513 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 105 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2513 | 14-18-487435886 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286691 |